Bupati Sergai Tampung Aspirasi Kelompok Tani dan Tinjau Infrastruktur Pertanian - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Bupati Sergai Tampung Aspirasi Kelompok Tani dan Tinjau Infrastruktur Pertanian

TINJAU : Bupati Sergai, Ir H Soekirman bersama tokoh masyarakat meninjau infrastruktur saluran irigasi di Desa Gelam Seiserimah, Kecamatan Bandarkhalipah, Kamis (16/7/2020). (Foto Dok/Indan, Staf Bagian Protokol Setdakab Sergai)

Bicara News|Sergai - Bupati Serdangbedagai (Sergai) Ir H Soekirman didampingi Kadis Pertanian Radianto dan Kadis Ketahanan Pangan (Ketapang) Aliuddin termui Kelompok Tani Desa Gelam Seiserimah di Dusun Barisan Panjang, Desa Gelam Seiserimah, Kecamatan Bandarkhalipah, Kamis (16/7/2020) sore, untuk menampung aspirasi kelompok tani sekaligus meninjau infrastruktur pertanian yang ada di desa tersebut 
Dalam pertemuan tatap muka yang dihadiri  pengurus Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), kelompok tani (Poktan), pengurus P3A, tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat, Bupati Sergai, Ir H Soekirman menyampaikan bahwa dalam menjalankan pembangunan, pemerintah dan legislatif butuh dukungan saran dan masukan, serta peran aktif dari seluruh elemen masyarakat, agar program pembangunan daerah dapat berjalan dengan lancar dan merata.
"Perlu saya sampaikan, pembangunan itu dimulai dari usulan tingkat dusun, berjenjang hingga musyawarah desa dan terus ke tingkat selanjutnya hingga pada tahap Musrenbang Kabupaten," terang Soekirman. 


Dari usulan pembangunan tersebut, lanjutnya, kemudian akan ditindaklanjuti dengan pembangunan infrastruktur dan pendukung lainnya, sesuai kemampuan keuangan daerah.  Itulah sebabnya, belum semua target pembangunan dapat direalisasikan dan harus dilaksanakan sesuai skala prioritas. 
"Saya mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh masyarakat Desa Gelam Seiserimah, khususnya tetap bergotong-royong, meski dengan kondisi infrastruktur yang ada. Kita berharap, agar usulan dari masyarakat dapat segera direalisasikan dan memperbaiki infrastruktur yang rusak seperti, perbaikan tanggul dan jalan, agar perekonomian masyarakat bagus. Jika ekonomi bagus, maka masyarakat akan sejahtera," pungkas Soekirman.
Sebelumnya tokoh masyarakat setempat, L Sijabat menyampaikan bahwa masyarakat desa tetap semangat bergotong-royong dan bahu membahu meski dalam keterbatasan infrastruktur yang ada. "Seperti halnya saat ini, kondisi saluran irigasi yang tanggulnya jebol, namun masyarakat bahu membahu mengairi sawah dengan memompa air dari sumber terdekat," ungkapnya. 


Untuk itu melalui pertemuan tersebut Sijabat berharap, Pemkab Sergai melalui instansi terkait, dapat memberikan perhatian, khususnya kepada para petani, agar segera mendapatkan solusi guna menjaga perekonomian masyarakat. 
"Untuk perbaikan tanggul irigasi dan jalan usaha tani ini, kami telah mengajukan melalui Musrenbang tingkat dusun dan desa, kiranya dapat ditindaklanjuti hingga tahap selanjutnya, agar perekonomian masyarakat tetap terjaga. Kami tetap dan akan terus mendukung keberlanjutan program pembangunan pemerintah," kata L Sijabat. (rel)
Diberdayakan oleh Blogger.