Semarak Peringatan Hardiknas 2024, SMAN 14 Medan Penuh Hikmat dan Sarat Makna

Semarak Peringatan Hardiknas 2024, SMAN 14 Medan Penuh Hikmat dan Sarat Makna

Hendri
By -
0



Hardiknas di SMAN 14 Medan

Bicaranews.com | MEDAN - Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) pada 2 Mei 2024, SMAN 14 Medan melaksanakan upacara bendera di halaman sekolah Jalan Pelajar Timur Gg. Darmo Kelurahan Binjai Kecamatan Medan Denai, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara, Kamis (2/5/2024). 


Kegiatan upacara bendera tersebut diikuti para guru dan Kepala sekolah mengenakan pakaian adat tradisional sesuai dengan norma kepantasan. 


Momentun upacara bendera peringatan Hari Pendidikan Nasional berlangsung dengan hikmat dan sarat makna. Setiap peserta upacara baik guru maupun murid benar-benar memaknai peringatan Hari Pendidikan Nasional 2024.


Sesuai dengan tema Hari Pendidikan Nasional 2024 "Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar".


Hardiknas SMAN 14 Medan

Upacara bendera itu dipimpin Kepala Sekolah Eva Fitra, S.Pd, M.Si yang diwakili Melky Gunawan Harefa, S.Pd. Dalam amanatnya, menyampaikan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A.


Dikatakannya, sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang sudah diluncurkan Mendikbudristek, membawa pendidikan saat ini semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hajar Dewantara, yaitu Pendidikan yang menuntun bakat, minat dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat. 


"Anak-anak kita sekarang bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri. Para Kepala sekolah dan Kepala daerah yang dulu kesulitan memonotor kualitas pendidikannya sekarang dapat menggunakan data Asesmen Nasional di Platform Rapor Pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layan Pendidikan," sebutnya.


Lebih lanjut, Mendikbudristek meyebut para guru sekarang berlomba-lomba untuk berbagai dan berkarya dengan hadirnya Platform merdeka mengajar. Selain itu, guru-guru yang dulu diikat berbagai peraturan yang kaku sekarang lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya kurikulum Merdeka. 



Hardiknas di SMAN 14 Medan

Selanjutnya, Sejalan dengan kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi, seleksi masuk perguruan tinggi negeri pun sekarang fokus pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar. 


Melky juga menegaskan pidato Mendikbudristek dihadapan seluruh peserta upacara agar layar yang sudah dibentangkan jangan sampai terlipat lagi. Para pendidik dan tenaga kependidikan, seniman dan pelaku budaya, juga peserta didik diseluruh penjuru Nusantara, adalah kapten dari kapal besar yang bernama Indonesia ini. 


"Perjalanan harus kita lanjutkan, perjuangan mesti kita teruskan, agar semua anak bangsa merasakan kemerdekaan yang sebenar-benarnya dalam belajar dan bercita-cita," ucap Melky Gunawan Harefa sesuai dengan isi pidato yang diungkapkan Mendikbudristek Nadiem Makarim.


"Oleh karena itu, mari kita semarakkan hari ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan Merdeka Belajar, mendidik generasi pelajar pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan," sebutnya.


"Semoga anak anak didik kita ini tumbuh menjadi anak anak yang berkarakter sesuai dengan profil belajar Pancasila terus meningkatkan prestasi, terus meningkatkan karakter karakter positif sehingga kedepan secara keseluruhan alumni-alumni dari SMAN 14 ini bisa berprestasi di kancah daerah, provinsi, nasional maupun internasional. Selamat Hari Pendidikan Nasional," tutup Melky Gunawan Harefa mewakili Kepala SMAN 14 Medan Eva Fitra, S.Pd, M.SI. (HN/Bn)


Lihat Video




Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)