Hari Kartini, Supraba Ika Sari: Perempuan Makin Berdaya di Bidang Ekonomi

Hari Kartini, Supraba Ika Sari: Perempuan Makin Berdaya di Bidang Ekonomi

Hendri
By -
0



Sman 5 Medan

Bicaranews.com | MEDAN - Dimomentum peringatan Hari Kartini, Kepala SMAN 5 Medan Supraba Ika Sari, S.Pd, M.Si mengajak perempuan Indonesia agar meneladani perjuangan RA Kartini untuk terus berkarya mengembangkan potensi diri dan untuk Indonesia yang lebih baik.


Menurut dia, Kartini telah membukakan jalan agar perempuan Indonesia berani bermimpi, menuntut ilmu setinggi-tingginya, dan bebas berkarya dengan menyalurkan segala potensi yang dimiliki.


Kartini juga telah memperjuangkan agar perempuan mendapatkan kesempatan yang sama untuk berkiprah dalam semua dimensi kehidupan.


"Tema Hari Kartini 2024 adalah gelora semangat Kartini untuk ekonomi maju dan inklusif. Karena semangat Kartini dalam memperjuangkan peran dan kedudukan perempuan dalam pembangunan dan pendidikan, masih sangat relevan di era kini," ungkap Kepala SMAN 5 Medan Supraba Ika Sari lewat pesan Whats App, Minggu (21/4/2024) 


Menurut Supraba, peluang dan tantangan yang dihadapi perempuan era kini berbeda dengan era Kartini. Namun, semangat mengambil peran dan inisiatif seperti yang dilakukan Raden Ajeng Kartini patut dilestarikan. 


Dia membeberkan, pada pertengahan abad ke-19, Kartini sempat mendirikan sekolah khusus perempuan. Tak hanya itu, ia juga membudayakan mengurai gagasannya, melalui tulisan korespondensi kepada rekannya di Belanda, Rosa Abendanon. 


Inisiatif dan keberanian Kartini melampui zamannya itulah, yang diharap terus dilestarikan. 


"Perempuan punya peran strategis untuk menggerakan ekonomi melalui berbagai inisiatif, bahkan keterlibatan perempuan dalam dunia usaha juga makin meluas, dengan memanfaatkan peluang, kesempatan dan tantangan yang ada," imbuh Supraba Ika Sari. (HN/Bn) 

Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)