Siswa SMPN 3 Binjai Meraih Emas di Kejuaraan Taekwondo Garuda Bhayangkara Presisi Tingkat Nasional Kapolri Cup ke-5

Siswa SMPN 3 Binjai Meraih Emas di Kejuaraan Taekwondo Garuda Bhayangkara Presisi Tingkat Nasional Kapolri Cup ke-5

Hendri
By -
0



Smpn 3 Binjai

Bicaranews.com | BINJAI - Birza Reyvanda Putra (13) siswa SMPN 3 Binjai, Sumatera Utara, berhasil meraih medali emas dalam Kejuaraan Taekwondo Garuda Bhayangkara Presisi Tingkat Nasional Kapolri Cup ke-5, Kategori Kyorugi Prestasi Kadet Putra Under 45 Kg, yang digelar di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, sejak tanggal 1-4 Maret 2024.


Anak keempat dari pasangan suami istri Bambang Irwanto (41) dan Iis Anggraini (40), berhasil mengalahkan lawannya di final berasal DKI Jakarta. 


Saat diwawancarai wartawan, Bambang Irwanto pelatih sekaligus ayah kandung Birza mengatakan, untuk mendapatkan medali emas bukanlah hal yang mudah


"Yang pertama kita melakukan program latihan yang berkesinambungan, dengan intensitas yang baik bagi teknik maupun fisik. Dituntut juga atlet yang akan bertanding agar psikologisnya agar lebih baik, dan persiapan yang matang," ujar Bambang, Senin (18/3/2024). 


Lanjut Bambang, sebelum berangkat ke kejurnas, beberapa bulan sebelumnya, Birza yang lahir di Sei Semayang, pada 25 Juli 2011 sudah melakukan banyak persiapan. 


"Pada saat kita berangkat ke Piala Kapolri ke-5, tentunya ada beberapa bulan persiapan. Sehingga pada saat pelaksanaannya tampil dengan baik. Alhamdulillah anak kita mendapat medali emas," ujar Bambang. 


"Kalau kendala sendiri, misalnya waktu untuk berlatih. Anak kita ini masih duduk di bangku kelas VII SMP, tentunya menyesuaikan jadwal akademis untuk belajar. Dengan demikian program yang kita lakukan ini singkron, sehingga tingkat kesulitan itu bisa kita tempuh dengan baik untuk mencapai prestasi kedepan lebih baik," sambungnya.


Bambang menambahkan, semua lawan yang dihadapi Birza hingga meraih medali emas, terbilang imbang dan bagus-bagus. 


Cuma lawan Birza pada saat di final yaitu dari DKI Jakarta, memang sama-sama mempunyai teknik, fisik, dan serangan yang baik. 


"Sehingga untuk memenangkan itu, Alhamdulillah untuk kategori prestasi ini Birza memberikan hasil yang terbaik, yaitu medali emas," ujar Bambang. 


Sebelum mengikuti Kejuaraan Taekwondo Garuda Bhayangkara Presisi Tingkat Nasional Kapolri Cup ke-5, Birza juga pernah mengikuti kejuaraan di Malaysia Open Championship yang digelar di Kuala Lumpur. 


Pada saat itu juga Birza mengikuti kategori prestasi, dan berhasil memperoleh medali emas. 


"Harapan saya, Birza tetap semangat dan ini merupakan prestasi yang harus ditingkatkan. Tentunya kami juga memohon doa dan dukungan dari pihak terkait untuk mendukung atlet kita menuju prestasi.


Apalagi nanti untuk event kedepan bisa kita ikuti, terutama memperkuat Sumatera Utara di PON bahkan di Olimpiade, Sea Games, ataupun event lainnya," ujar Bambang.


Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 3 Binjai, Eka Mutia Khairuma merasa bangga atas prestasi yang telah didapat Birza. 


"Alhamdulillah saya sebagai kepala sekolah SMPN 3 Binjai merasa bangga sekali punya siswa Birza Reyvanda Putra, yang kemarin meraih medali emas dalam Kejuaraan Taekwondo Garuda Bhayangkara Presisi Tingkat Nasional Kapolri Cup ke-5, Kategori Kyorugi Prestasi Kadet Putra Under 45 Kg," ujar Eka. 


Tak hanya itu, Eka menjelaskan Birza saat ini masih duduk dibangku kelas VII (1 SMP).


Bahkan karena Birza, ekstrakurikuler di SMPN 3 Binjai ditambah, yaitu taekwondo. 


"Karena Birza inilah terinspirasi, karena begitu datang Birza langsung menunjukkan prestasi yang sangat luar biasa.


Kami memanggil orangtuanya, dan Alhamdulillah ditanggapi dengan baik oleh orangtuanya. Dan di tahun 2024 ini, kami memasukkan taekwondo salah satu ekstrakurikuler di SMPN 3 Binjai," ujar Eka. 


Kepala SMPN 3 Binjai ini berharap kepada Birza, agar akademis tetap nomor satu.


"Dan untuk kegiatan taekwondonya memperkuat Birza untuk berprestasi. Dan Birza ini juga masuk dipengurusan Osis seksi olahraga," ujar Eka. 


Kemudian, Eka menjelaskan, prestasi yang diraih Birza sudah disampaikan ke Dinas Pendidikan Kota Binjai. 


"Alhamdulillah, kami kan punya grup WhatsApp, jadi setiap kami mendapat penghargaan, atau ada siswa-siswi yang berprestasi, itu selalu kami sampaikan ke Dinas Pendidikan Kota Binjai.


Dan kepala dinas hari ini memohon maaf tidak bisa hadir, masih ada kegiatan yang lain. Gitupun sudah saya sampaikan secara langsung," tutup Eka. (trib/Bn) 

Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)