Bupati Toba, Poltak Sitorus: Tuberkulosis, Penyakit yang Bisa Dicegah dan Diobati

Bupati Toba, Poltak Sitorus: Tuberkulosis, Penyakit yang Bisa Dicegah dan Diobati

Hendri
By -
0



Tuberkulosis, Penyakit yang Bisa Dicegah dan Diobati

Bicaranews.com | TOBA - Dinas Kesehatan Kabupaten Toba memperingati Hari Tuberkulosis se-Dunia yang jatuh pada 24 Maret 2024. Peringatan ini digelar di Taman D.I Panjaitan, Balige, pada Kamis (28/3/2024). 


Bupati Toba, Poltak Sitorus mengatakan bahwa terdapat 564 penderita aktif tuberkulosis atau TB/TBC di Kabupaten Toba saat ini. 


Beliau menjelaskan bahwa angka tersebut harus terus ditekan, bahkan target berikutnya adalah zero new TB di Toba. Adapun langkah-langkah untuk mencapai target tersebut adalah memakan makanan bergizi, membersihkan lingkungan serta rutin mendeksi dengan cara memeriksakan diri ke rumah sakit atau Puskesmas terdekat. 


"Biasakan makan dengan sayur, bahkan harus pakai sayur. Banyak sayur disekitar kita, tidak harus beli. Kemudian makan buah, buah juga banyak di sekitar kita, enggak perlu tunggu-tunggu apel, anggur dan lain-lain. Konsumsi saja buah yang ada di sekitar kita," pesan Poltak Sitorus. 


Selain menyampaikan pesan soal gizi, Poltak Sitorus juga menyampaikan pesan soal kebersihan lingkungan dan deteksi dini.


 "Jaga kebersihan lingkungan. Kebersihan rumah, halaman, pakaian. Habis aktivitas cuci tangan pakai sabun. Kemudian jangan takut periksa ke dokter, ini bukan aib jadi tidak perlu takut," katanya lagi mengingatkan. 


Acara peringatan hari Tuberkulosis se-Dunia kemudian dilanjutkan dengan kampanye ke pasar tumpah di Kota Balige. Bupati mengajak para pedagang dan membeli untuk membudayakan memakan makanan bergizi serta menjaga kebersihan lingkungan. (MC Toba/David)

Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)