Isak Tangis Keluarga Korban Bencana Alam Simangulampe Iringi Ibadah Arwah Dan Tabur Bunga Di Lokasi Longsor

Isak Tangis Keluarga Korban Bencana Alam Simangulampe Iringi Ibadah Arwah Dan Tabur Bunga Di Lokasi Longsor

Hendri
By -
0

Isak Tangis Keluarga Korban Bencana Alam Simangulampe Iringi Ibadah Arwah Dan Tabur Bunga Di Lokasi Longsor

Bicaranews.com | HUMBAHAS - Isak tangis keluarga korban bencana longsor dan banjir mengiringi Ibadah Arwah dan Tabur Bunga yang dilaksanakan di Pinggiran Danau Toba Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja, Sabtu (16/12/2023).

Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) Dosmar Banjarnahor, SE yang turut menghadiri ibadah dan tabur bunga itu menyampaikan turut berduka cita sedalam-dalamnya.

"Segala daya dan upaya dari semua pihak terutama dari tim Basarnas, selama 14 hari melakukan pencarian korban hilang akibat bencana longsor dan banjir sampai diberhentikan pencarian, masih ada 10 orang lagi yang tidak ditemukan," ungkapnya.

Sebagai umat beragama dan mengikuti adat istiadat kita melaksanakan ibadah arwah dan tabur bunga. Duka yang mendalam ini kiranya memberi kita hikmad dan bijaksana untuk menyongsong hari depan. 

"Selama masih terbit matahari dari timur, masih ada pengharapan dimasa depan. Kami berdoa, air mata yang bercucuran ini akan dibalaskan Tuhan dengan suka cita bagi keluarga korban," tuturnya.

Doa arwah dan tabur bunga itu dipimpin Pastor Paroki Doloksanggul, P. Mansuetus, SVD dihadiri Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, Sekdakab Chiristison Marbun, para pimpinan OPD, Aggota DPRD Humbahas Poltak Purba, serta para keluarga korban, bertempat di pinggiran Danau Toba, Simangulampe, Sabtu (16/12/2023).

Pastor Mansuetus dalam ibadah itu menyampaikan, kiranya Tuhan memberikan penghiburan kepada seluruh keluarga korban dan masyarakat yang terdampak bencana. Dalam Matius 8:23-27, kata Yesus, Mengapa kamu takut, lalu Yesus menghardik angin dan danau itu, maka danau itu menjadi teduh.

Isak Tangis Keluarga Korban Bencana Alam Simangulampe Iringi Ibadah Arwah Dan Tabur Bunga Di Lokasi Longsor

Katanya, datanglah kepada Yesus dan serahkan segala persoalan hidupmu sebagaimana murid-muridNya mendatangiNya ketika angin ribut dan danau bergoncang.“ Kiranya kita sekalian dibimbing, dilindungi dan diberkati oleh Allah Bapa Yang Maha Kuasa dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus,” kata Pastor dalam doa.

Ibadah dilanjutkan dengan tabur bunga dengan lokasi pinggiran danau toba dengan taburan bunga ke air danau. Selama prosesi tabur bunga isak tangis keluarga korban kembali pecah membuat suasana makin berduka.

Setelah ibadah, acara dilanjutkan dengan pemberian bantuan sosial dari pemerintah kepada masyarakat (korban) terdampak longsor.

Pada kesempatan itu, Bupati Dosmar menyampaikan duka mendalam atas bencana alam longsor di Simangulampe.“ Segala daya dan upaya dari semua pihak terutama dari tim Basarnas sudah kita lakukan. Selama 14 hari telah dilakukan pencarian korban hilang. Namun sejauh ini, masih ada 10 orang lagi yang tidak ditemukan. Kita turut berduka semoga arwahnya diterima disisiNya dan keluarga yang ditinggal diberi kekuatan,” katanya.

Dia mengatakan, duka mendalam kiranya memberi hikmad dan bijaksana untuk menyongsong hari depan. Selama masih terbit matahari dari timur, masih ada pengharapan dimasa depan.“ Kami berdoa, air mata yang bercucuran ini akan dibalaskan Tuhan dengan suka cita bagi keluarga korban,” tukasnya

Dosmar menambahkan, setelah pencarian dihentikan, maka yang menangani bencana lonsor dan banjir di Desa Simangulampe adalah Pemkab Humbahas melalui instansi terkait yakni BPBD, Dinas PUTR dan Dinas PKP guna pembersihan tempat longsor.

Bupati juga menginstruksikan agar Dinas Sosial memberitahukan kepada masyarakat bantuan-bantuan dari semua pihak, tidak boleh ada sebutir telur pun yang tidak diberitahukan." Kedepan, kita sesegera mungkin akan membangun rumah sebanyak 51 unit dan sudah disepakati oleh BNPB. Oleh karena itu agar sesegera mungkin dipersiapkan lahan untuk pembangunan rumah," tegasnya. (t/bn)

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)