Pipa Pertamina Terbakar, 10 Rumah Warga Ludes di Medan Belawan

Pipa Pertamina Terbakar, 10 Rumah Warga Ludes di Medan Belawan

Redaksi
By -
0

Pipa Pertamina Belawan Terbakar

Bicaranews.com|MEDAN - Kebakaran hebat melanda kawasan Kelurahan Belawan Bahari, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, Sumatera Utara, Selasa (14/11/2023) siang. Kejadian ini dipicu oleh kebocoran dan terbakarnya pipa saluran bahan bakar minyak milik PT Pertamina.

Dampak dari kebakaran ini 10 unit rumah petak semipermanen di bantaran drainase ludes terbakar. Kobaran api membesar hingga setinggi hampir 5 meter, disertai asap hitam yang membumbung tinggi ke udara.

Warga sekitar panik berusaha menyelamatkan harta bendanya ketika mengetahui kebakaran berasal dari pipa minyak Pertamina yang bocor.

Tiupan angin kencang membuat api semakin membesar, menyambar sejumlah rumah warga di sekitar bantaran drainase. Petugas pemadam kebakaran dari pemerintah Kota Medan tiba di lokasi setelah menerima laporan dan berupaya keras memadamkan api yang menghanguskan rumah-rumah tersebut.

Menurut Noni Simanjuntak, kepala lingkungan 10, Kelurahan Belawan Bahari, kebakaran terjadi sekitar pukul 11.00 WIB. Awalnya, pipa minyak Pertamina bocor, tetapi tidak diketahui dengan pasti asal percikan api yang menyebabkan kobaran besar. Api tiba-tiba menjalar ke rumah warga, mengakibatkan 10 unit rumah hangus terkena dampak kebakaran.

Noni juga mengungkapkan bahwa kebocoran pipa minyak Pertamina disebabkan oleh aksi pencurian minyak yang dilakukan oleh sejumlah orang tak bertanggung jawab. Kejadian serupa dikatakan sudah sering terjadi di kawasan tersebut.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Medan, Muhammad Yunus, menyatakan bahwa 10 unit mobil pemadam kebakaran telah dikerahkan ke lokasi. Petugas masih berupaya memadamkan api yang berasal dari pipa minyak Pertamina yang bocor.

Hingga pukul 13.00 WIB, kobaran api masih tampak berkobar, dan petugas pemadam kebakaran terus berusaha mengendalikan situasi. Petugas kepolisian dari Polres Palabuhan Belawan juga berjaga-jaga di lokasi sambil mengatur arus lalu lintas.(t/b1/bn)



Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)