Paroki Pakkat Tuang Rumah Pesparani Katolik Humbahas - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Paroki Pakkat Tuang Rumah Pesparani Katolik Humbahas

Bicaranews.com|PAKKAT - Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesparani Katolik Daerah (LP3KD) Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) melaksanakan Pesparani (Pesta Paduan Suara Gerejani) Katolik dipusatkan di Gereja dan Aula Paroki St.Yohannes Pembaptis Pakkat, Minggu (10/9/2023).

Pesparani Katolik tersebut menggelar 4 jenis perlombaan yaitu lomba paduan suara, cerdas cermat rohani, menyanyikan mazmur dan bertutur kitab suci. Pesparani Katolik ini diikuti 4 paroki yaitu Doloksanggul, Lintongnihuta, Parlilitan dan Pakkat sebagai tuan rumah. 

“Kita semua akan menjadi juara, ada 4 paroki, minimal juara harapan I. Berarti semua juara. Kita sudah datang dengan sukacita, pulangpun harus penuh dengan sukacita dan semangat. Namun yang paling utama dalam Pesparani ini adalah kebersamaan kita dalam memuji dan memuliakan nama Tuhan” ucap Ketua panitia Drs Sahat Pane M.Pd. 

Ketua Panitia juga berharap kegiatan Pesparani ini betul-betul menyatukan kebersamaan dalam keberagaman, mendekatkan diri kepada Tuhan. 

Hadir dalam Pesparani itu, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, SE diwakili Sekda Drs Tonny Sihombing M.IP bersama para pimpinan OPD, Anggota DPRD Humbahas Poltak Purba ST dan Masria Sinaga, Camat Pakkat Ida Hayanti Marbun dan lainnya. 

Sambutan Bupati Humbahas yang disampaikan Tonny Sihombing mengatakan Pemkab Humbahas menyambut gembira pelaksanaan Pesparani Katolik yang ke-5 Kabupaten Humbahas. Kegiatan seperti ini sangat besar manfaatnya, tidak hanya untuk pengembangan Pesparani kedepan tapi juga mendukung salah satu program Pemkab Humbahas yaitu meningkatkan Iman dan Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.  

Dikatakannya, Gereja merupakan sarana untuk berkumpul bersama dengan seiman dalam memuji dan memuliakan nama Tuhan.  Dapat menjalin silahturahmi untuk semakin mempererat rasa persaudaraan diantara jemaat yang datang dari seluruh Kabupaten Humbang Hasundutan. 

"Kegiatan yang sudah berjalan 5 kali di Kabupaten Humbahas, diharapkan dapat membawa dampak positif yang lebih baik lagi," ucapnya.

Disampaikannya, Pesparani tidak sekedar menjadi ajang perlombaan semata namun juga sebagai upaya pembinaan mental, spiritual dan moral umat Katolik, memupuk tali persaudaraan, rasa kebersamaan dan kesatuan umat Katolik. 

"Dengan kegiatan ini dharapkan dapat mengembangkan kreatifitas seni budaya yang hidup dalam tata ibadah sekaligus meningkatkan mutu paduan suara, pertukaran pengetahuan dan pengalaman antar peserta dari Paroki yang ada di Kabupaten Humbahas," ujarnya. (t/bn)

Diberdayakan oleh Blogger.