Kaesang Pangarep Jadi Ketua Umum PSI, Ini Responsnya Diajak Dukung Ganjar

Kaesang Pangarep Jadi Ketua Umum PSI, Ini Responsnya Diajak Dukung Ganjar

Redaksi
By -
0

Bicaranews.com|Jakarta - Putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep resmi ditetapkan menjadi Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI). 

Kaesang resmi menggantikan posisi Giring Ganesha yang didapuk menjadi Ketua Umum PSI sejak November 2021 lalu. Giring purna tugas dan diangkat sebagai Dewan Pembina PSI.

"Kita sambut ketua baru kita, Bro Kaesang Pangarep," kata Faldo selaku pembawa acara di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Senin (25/9) malam.

"Saya Kaesang, saya PSI," kata Kaesang dalam video yang ditayangkan.

Kaesang sebelumnya telah resmi menjadi kader PSI pada Sabtu (23/9) lalu. Ia mendapatkan kartu tanda anggota secara simbolis di kediaman Presiden Jokowi di Solo, Jawa Tengah yang dihadiri oleh para petinggi PSI.

Kaesang mengaku sudah meminta restu kepada ayahnya dan kakaknya, Gibran Rakabuming Raka yang kini menjabat sebagai Wali Kota Solo, serta istrinya, Erina Gudono.

Dalam agenda kali ini juga dihadiri oleh sejumlah elite PSI, di antaranya Giring Ganesha, Grace Natalie, Raja Juli Antoni, Andy Budiman, hingga Isyana Bagoes Oka. Hadir pula kader lain seperti Perwakilan Dewan Penasihat Irma Hutabarat, Cheryl Tanzil, hingga Faldo Maldini.

Giring berlutut kasih bunga ke Kaesang

Dalam kesempatan itu, Giring memberikan sekuntum bunga mawar untuk Kaesang. Mulanya, Grace membacakan Surat Keputusan Dewan Pembina PSI soal pengangkatan Kaesang menjadi ketum.

Lalu, Grace memberikan surat itu kepada Kaesang. Setelahnya, sebagai simbolik Grace memberikan bunga mawar kepada Giring. Giring pun berlutut seraya memberikan bunga kepada Kaesang. Melihat Giring menunduk, Kaesang mengikuti.

Sementara Giring didapuk menjadi Anggota Dewan Pembina PSI bersama Plt. Sekjen PSI Isyana Bagoes Oka. Pada saat yang bersamaan, Raja Juli Antoni juga diangkat menjadi Sekjen DPP PSI mendampingi Kaesang.

Terpisah, Ketua DPP PDIP Said Abdullah juga telah angkat suara soal keputusan Kaesang. Said menjelaskan terdapat peraturan internal PDIP ada keharusan seluruh anggota keluarga inti kader partai, terlebih bagi para kader yang menduduki jabatan publik tidak boleh aktif di partai lain.

Namun, ia menilai Kaesang sudah membentuk keluarga sendiri setelah menikah alias tak lagi menjadi anak yang masih ditanggung atau anggota internal kader PDIP.

Respons Ajakan Puan Dukung Ganjar

Sementara itu, Kaesang Pangarep mengatakan partainya terbuka bekerja sama dengan PDIP di Pilpres 2024. Ia mengaku siap berkolaborasi dengan siapapun asal kerja sama itu saling menguntungkan. Hal tersebut disampaikan Kaesang merespons pernyataan Ketua DPP PDIP Puan Maharani yang mengajak dirinya membawa PSI mendukung Ganjar Pranowo.

"Kita PSI itu terbuka dengan semua, dengan siapapun kita bekerja sama akan siap berkolaborasi asal saling win win. Tidak ada win lose atau lose win dan kita bisa bersinergi bersama," kata Kaesang di Kantor DPP PSI, Jakarta, Selasa (26/9).

Dalam kesempatan itu, Kaesang mengatakan bakal sowan bersama jajaran PSI ke Presiden Jokowi. Ia mengklaim akan tetap mengurus perizinan audiensi itu secara birokrasi.

"Sebagai ketum ya? Soalnya kan saya lewat jalur belakang juga bisa. Jalur resmi ya? Bantu ya Pak Wamen," kata Kaesang seraya tertawa.

Sekjen PSI sekaligus Wamen ATR/BPN Raja Juli Antoni menyampaikan akan mengirimkan surat permohonan audiensi PSI ke Jokowi.

Sebelumnya, Puan mengajak Kaesang untuk bergabung dengan koalisi PDIP mendukung Ganjar di Pilpres 2024. Namun, Puan mengakui setiap partai memiliki strateginya masing-masing.

"Kami akan selalu bersilaturahmi, namun memang sebuah partai itu mempunyai strateginya masing-masing dalam apa namanya, merangkul kemudian memenangkan capresnya, jadi kemudian ayo Mas Kaesang ikut PDI Perjuangan saja yuk," kata Puan usai menghadiri acara Rakernas Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (PAPDESI) di Jakarta Selatan, Selasa (26/9).

PSI telah menyatakan dukungan kepada Ganjar sebagai capres di Pilpres 2024 sejak Oktober 2022. Namun dalam beberapa waktu ke belakang, PSI mulai mesra dengan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

Prabowo bahkan sempat bertandang ke DPP PSI pada bulan lalu. Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natali juga hadir ketika Ketua Majelis Tinggi Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dan Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono bertemu Prabowo di Hambalang.

Terbaru, Kaesang yang baru diangkat sebagai ketum pada Senin (25/9) malam, menyatakan PSI tak akan terburu-buru memutuskan dukungan ke capres di Pilpres 2024.

Putra bungsu Jokowi itu mengajak para kadernya menyerap aspirasi rakyat terkait sosok capres yang bakal pihaknya dukung. Ia pun menargetkan PSI bisa lolos ke DPR di Pemilu 2024.(cnni)

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)