Hujan Deras Yang Melanda Kabupaten Tapanuli Tengah, Polres Tapteng Berjibaku Tangani Longsor, Pohon Tumbang Dan Banjir

Hujan Deras Yang Melanda Kabupaten Tapanuli Tengah, Polres Tapteng Berjibaku Tangani Longsor, Pohon Tumbang Dan Banjir

Hendri
By -
0

Polres Tapteng

Bicaranews.com | TAPTENG - Hujan deras yang melanda Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) pada hari Jumat (15/9/2023) hingga Sabtu (16/9/2023) tak sedikit menyebabkan bencana alam tanah longsor, pohon tumbang dan banjir diwilayah Tapanuli Tengah.

Beberapa lokasi rawan yang terdampak akibat cuaca ekstrim tersebut antara lain banjir di kecamatan sarudik, tanah longsor dan pohon tumbang di kecamatan sitahuis dan kecamatan poriaha Kabupaten Tapanuli Tengah yang merupakan akses vital antara sibolga tarutung menuju medan.

Kepolisian Resor Tapanuli Tengah dipimpin AKBP Basa Emden Banjarnahor, SIK, MH bersama jajaranya selama 2 hari lebih berjibaku turun kelapangan melakukan pengamanan dan evakuasi atas kejadian tersebut.

Kapolres Tapteng AKBP Basa Emden Banjarnahor, SIK, MH melalui kasi Humas Polres Tapteng Kompol Horas Gurning menyampaikan, ada beberapa lokasi yang mengalami bencana alam diwilayah Tapanuli Tengah seperti ;

Tanah longsor dan pohon tumbang di jalan lintas Sibolga - Tarutung, antara jalur Poriaha - Rampah terdapat 4 titik tanah longsor :

1. Desa Poriaha Julu terdapat 2 titik tanah longsor Kecamatan Tapian Nauli

2. Desa Sibunga- bunga terdapat 2 titik tanah longsor kecamatan Sitahuis 

Tanah longsor dan pohon tumbang di jalan lintas Sibolga - Tarutung, antara jalur Sibolga - Batu Lubang - Sitahuis :

1. Titik 1 (satu) longsor dan pohon tumbang di dusun 3 desa Mardame kecamatan Sitahuis 

2. Titik 1 (satu) longsor dan pohon tumbang di desa Simaninggir kecamatan Sitahuis

3. Titik 6 (satu) longsor dan pohon tumbang di desa bonandolok kecamatan Sitahuis

Dampak banjir dan genangan air di kecamatan sarudik, antara lain : 

1. Kampung jawa lingkungan 8 Kecamatan Sarudik

2. Gang Prona lingkungan 2 Kecamatan sarudik

3. Jalan TPI Kelurahan Pondok Batu Kecamatan Sarudik. 

Selain itu, ditemukan beberapa mobil truk maupun minibus terperosok akibat jalan licin di daerah sitahuis dan rampah

Personil Polres Tapanuli Tengah diterjunkan langsung ke lokasi kejadian bekerjasama dengan BPBD, BASARNAS dan Dinas PU serta warga setempat untuk melakukan evakuasi dan pengamanan jalur.

"Personil Polres Tapteng dilapangan melakukan pendataan, pengaturan arus lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan serta kerjasama dengan instansi terkait untuk evakuasi dan pengamanan jalur" ucap Kapolres. 

"Tidak ada korban jiwa dari kejadian ini, arus lalu lintas dari sibolga menuju tarutung sempat macet total akibat longsor dan pohon tumbang didaerah Sitahuis dan Rampah, tetapi anggota Polres Tapteng sigap ke lokasi longsor dan pohon tumbang untuk evakuasi, pam jalur dan koordinasi pembersihan material sehingga arus lalu lintas dapat diatasi dan dilalui secara 1 satu jalur bergantian" ucap Kapolres

Saat ini arus lalu lintas sudah berjalan lancar, sisa material tanah longsor dan pohon tumbang yang menutup sebagian badan jalan sudah dan sedang dibersihkan dinas PU menggunakan alat berat. (Humas Polres Tapteng)

Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)