Gunakan Pakaian Adat, Rutan Tarutung Gelar Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Ke – 78 Kemerdekaan Republik Indonesia

Gunakan Pakaian Adat, Rutan Tarutung Gelar Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Ke – 78 Kemerdekaan Republik Indonesia

Hendri
By -
0

Rutan Tarutung Gelar Upacara

Bicaranews.com | TARUTUNG – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-78 tahun 2023, Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Tarutung Kanwil Kemenkumham Sumut gelar Gelar Upacara Bendera Peringatan Hari Ulang Tahun Ke – 78 Kemerdekaan Republik Indonesia yang bertempat di lapangan serbaguna Rutan Tarutung, Kamis (17/8/2023).

Dalam Upacara yang diselenggarakan, Ismet Sitorus selaku Kepala Rutan Kelas IIB Tarutung bertindak sebagai Inspektur Upacara membacakan amanat dari Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly.

Dalam amanatnya, Ismet Sitorus berkata, “Upacara Hari Ulang Tahun Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2023 sebagai ungkapan rasa syukur 78 tahun sudah Indonesia merdeka dan lepas dari belenggu penjajahan. Kita maknai hari ini untuk mengenang jasa para Pahlawan, menggugah semangat kebangsaan, mencintai dan semangat membangun bangsa tanah air Indonesia”.

Lebih lanjut, Ismet Sitorus dalam amanatnya menyampaikan, “Nuansa kegembiraan dan kebersamaan terlihat jelas, masyarakat begitu semangat untuk menyambut dan merayakan kemerdekaan. Namun, dalam dinamika kehidupan sehari - hari, masih banyak kita temui pihak-pihak yang menebar rasa kebencian, fitnah, menyebar berita bohong, tidak menghargai perbedaan bahkan keyakinan agama yang berbeda. Masih ada perilaku dan pemikiran-pemikiran seperti itu. Negara memberikan kebebasan untuk memeluk agama dan beribadah menurut kepercayaannya masing-masing. Ketika negara telah memberikan jaminan kebebasan, justru ada pihak-pihak yang mempersempit dan membatasi ruang dalam kebhinekaan dan keberagaman.” 

“Kata kuncinya adalah Jas merah! Jangan sekali-kali melupakan sejarah. Negara ini didirikan bukan untuk satu suku, satu agama, satu ras maupun satu golongan tertentu. Sejak awal mula pendirian negara ini, melibatkan banyak tokoh dari berbagai suku, agama, ras dan golongan. Apakah mereka sejak awal sudah mempunyai tujuan dan pemahaman yang sama? Tentu tidak, semua mempunyai pandangan dan pemikiran masing-masing. Namun demi berdirinya negara Indonesia, semua akhirnya melebur, menyatu, menata dan menyatukan niat untuk satu tujuan dan satu nama, Indonesia. Negara akan selalu hadir untuk menyelesaikan permasalahan warga negaranya dan terus berupaya memberikan rasa aman dan nyaman. Pelayanan terbaik akan terus diberikan, kesejahteraan dan keadilan sosial terus diwujudkan. Tanamkan rasa ikut memiliki dan cinta tanah air, sebarkanlah kasih kemana saja, kepada siapa saja dan kapan saja agar kita dapat merasakan kemerdekaan yang sesungguhnya. Saya ucapkan selamat kepada para Pegawai penerima penghargaan, jadikan penghargaan ini sebagai motivasi untuk terus berprestasi dan menjadi contoh teladan yang baik. Kepada para warga binaan pemasyarakatan yang menerima remisi, tunjukkan sikap dan perilaku yang baik dalam mengikuti program pembinaan, jadilah pribadi yang taat hukum dan norma-norma kemasyarakatan untuk kehidupan yang lebih baik.” tegasnya.

Tema yang diangkat pada HUT Kemerdekaan RI Ke-78 Tahun 2023 ialah "Terus Melaju Untuk Indonesia Maju". Tema ini mencerminkan semangat dan tekad Bangsa Indonesia untuk terus melaju menggapai masa depan yang lebih indah. Tema ini juga mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk melanjutkan pembangunan dengan semangat estafet. Semangat estafet memiliki makna bahwa kita harus saling bekerja sama dan bersinergi untuk mencapai tujuan bersama. Tema ini juga menjelaskan bahwa kita sedang bergerak menuju Indonesia Emas 2045 dan siap menuju kesana dengan berbagai pembangunan dan peningkatan di segala lini. (Bn) 


Pewarta : Maruli

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)