Edy Rahmayadi Harapkan Taptu Jadi Pengingat Jasa Pejuang Kemerdekaan

Edy Rahmayadi Harapkan Taptu Jadi Pengingat Jasa Pejuang Kemerdekaan

Redaksi
By -
0

Bicaranews.com|MEDAN – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi bersama dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumut mengikuti upacara Taptu. Taptu merupakan tradisi menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia.

Menurut Edy, taptu merupakan pengingat bagi generasi saat ini mengenai pejuang kemerdekaan. “Saya harap, taptu ini menjadi pengingat bagi kita, pengorbanan para pejuang kemerdekaan yang memerdekakan tanah air kita,” kata Edy usai mengikuti upacara Taptu di depan kantor Gubernur, Jalan Diponegoro, Medan, Rabu (16/8) malam.

Edy berharap rangkaian kegiatan dalam menyambut HUT RI dapat menjadi motivasi bagi generasi saat ini untuk melanjutkan cita-cita perjuangan bangsa. Tentunya dengan tugas dan peran masing-masing.

“Sebagai generasi penerus, tugas kita adalah melanjutkan apa yang sudah dilakukan para pendahulu kita, di masa kemerdekaan ini, tugas kitalah mengisinya, mari kita laksanakan peran kita masing masing dalam mengisi kemerdekaan ini,” ujar Edy.

Kali ini, upacara dipimpin oleh Pangdam I / Bukit Barisan Achmad Daniel Chardin. Sebelum dimulai, Chardin menyulut api dari obor pada perwakilan peserta. Peserta Taptu diikuti oleh TNI, Polri, Aparatur Sipil Negara hingga pelajar. Adapun rute yang dilalui para peserta taptu dimulai dari Jalan Diponegoro depan Kantor Gubernur dan berkahir di Taman Makam Pahlawan di Jalan Sisingamangaraja Medan.

Tampak warga yang antusias di sepanjang rute pawai obor tersebut. Seperti Muhammad Rudi warga Medan Denai, yang menyempatkan diri bersama anak-anaknya menyaksikan pawai obor tersebut. Menurutnya, taptu merupakan tradisi yang tidak boleh ditinggalkan dalam memyambut HUT RI.

“Taptu ini dari tahun ke tahun pasti ada, makanya saya bawa anak saya melihat taptu ini, sekalian mengenalkan kemeriahan HUT RI sama anak-anak,” kata Rudi.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, Kapolda Sumut Agung Setya Imam Effendi, unsur Forkopimda Sumut lain, Sekretaris Daerah Provinsi Sumut Arief S Trinugroho, dan OPD Pemprov Sumut. (t/bn)

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)