Arist Merdeka Sirait, Ketua Komnas PA Meninggal Dunia

Arist Merdeka Sirait, Ketua Komnas PA Meninggal Dunia

Redaksi
By -
0

Bicaranews.com|Jakarta - Kabar duka datang dari Arist Merdeka Sirait. Ketua Komnas Perlindungan Anak (PA) tersebut, meninggal dunia.

Kabar Arist Merdeka Sirait meninggal dunia diinformasikan salah satu staf Komnas PA, Raihanif Putra. Dalam pesan singkatnya, ia mengatakan aktivis pejuang anak itu wafat hari ini, Sabtu (26/8/2023).

"Telah berpulang ke Rumah Tuhan.. Bapak Arist Merdeka Sirait di RS. Polri Kramat Jati, Jakarta Timur pukul 08.30 WIB," demikian pesan yang disampaikan Raihanif Putra kepada awak media, Sabtu (26/8/2023).

Terkait dengan penyebab meninggalnya Arist Merdeka Sirait, Raihanif Putra menerangkan lelaki 63 tahun itu karena sakit. Namun lebih lanjut ia belum bisa menerangkan secara detail.

"Penyebab kematian sakit dan di rawat di RS Polri," terang staf Komnas PA.

Rencananya, jenazah Arist Merdeka Sirait akan disemayamkan di rumah duka RSPAD Gatot Subroto. Sebelum akhirnya akan dimakamkan di Medan, Sumatera Utara.

"Rencana di kuburkan di Pemakaman Keluarga di Medan daerah Porsea," jelas Raihanif Putra.

Profil Arist Merdeka Sirait

Arist Merdeka Sirait lahir di Pematang Siantar, Sumatra Utara, pada 17 Agustus 1960. Saat ini, ia menjadi Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA).

Arist Merdeka Sirait menjadi Ketua Komnas PA pada tahun 2010, menggantikan Seto Mulyadi alias Kak Seto.

Diketahui, Arist Sirait mulai memiliki perhatian khusus terhadap anak-anak sejak ayahnya yang bekerja sebagai tukang jahit itu menjadi koordinator guru untuk pendidikan murah di sekolah itu.

Riwayat karier Arist Merdeka Sirait

Selama berkarier, Arist Merdeka Sirait pernah menjadi aktivis organisasi buruh dan LSM. Kemudian, menjadi aktivis perlindungan anak  tahun 1981.

Arist juga mendirikan Yayasan Komite Pendidikan Anak Kreatif (Kompak) Indonesia (1987). 

Pada tahun 1998-2019, ia menjadi Sekjen Komnas Perlindungan Anak.

Lantas, Arist dipercaya menjadi Ketua Umum Komnas Perlindungan Anak sejak 2010 hingga saat ini. (t/bn)

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)