Irjen Agung Setya Imam Effendi Resmi Dilantik Jadi Kapolda Sumut, Ini Pesannya! - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Irjen Agung Setya Imam Effendi Resmi Dilantik Jadi Kapolda Sumut, Ini Pesannya!

Bicaranews.com|Medan - Usai dilantik menjadi Kapolda Sumatera Utara (Sumut), Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi mengajak semua pihak untuk bersama-sama bersinergi membangun peradaban dengan lebih meningkatkan kemajuan yang saat ini telah tercapai serta menjunjung prinsip-prinsip persamaan di depan hukum, kepatuhan terhadap norma-norma hukum tersebut, menjadi hal utama dilakukan.

“Saya memperkenalkan diri sebagai Kapolda, hormat saya kepada semua warga Sumut, mengajak bersama-sama masyarakat, Pemda, alim ulama, cerdik pandai, orang-orang pemberani yang patriotik, untuk menjaga kehidupan sekarang dan akan datang agar lebih baik dengan memperkokoh pondasi peradaban,” kata Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi usai dilantik di Mabes Polri dilansir, Jumat (14/7/2023).

Mantan Kapolda Riau ini menjelaskan, prinsip-prinsip persamaan dan kepatuhan terhadap norma budaya serta norma hukum tidak bisa terwujud tanpa keterlibatan semua pihak. “Kita ingin bersama-sama wujudkan peradaban tersebut dengan mengedepankan akidah, keimanan dan kebangsaan di Provinsi Sumut kita cintai ini,” jelasnya.

Selain itu, ia juga menekankan sudah seharusnya area-area publik harus dijaga sehingga ketertiban, keamanan dan kenyamanan warga dapat tercipta. “Area publik yang beradab, tidak ada lagi gangguan keamanan dan ketertiban, harus diwujudkan. Sehingga dapat kita rasakan indahnya ekspresi masyarakat dan budaya di area publik tersebut mewarnai Sumut,” tuturnya.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi melantik Irjen Agung Setya Imam Effendi sebagai Kapolda Sumut. Irjen Agung menggantikan Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak yang kini menduduki jabatan baru sebagai Pati Kalemdiklat Polri. 

Prosesi pelantikan Irjen Agung Setya Imam Effendi sebagai Kapolda Sumut digelar di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jumat (14/7/2023).

"Pada hari ini, Jumat, 14 Juli 2023, dilaksanakan upacara pelantikan Kabareskrim Polri dan serah terima jabatan pejabat utama Mabes Polri, para Kapolda serta kenaikan pangkat ke dan dalam golongan Pati Polri," kata Karo Penmas Divhumas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, dilansir dari detikNews, Jumat (14/7).

Selain Irjen Agung, Kapolri juga melantik sejumlah pejabat utama Polri, salah satunya Komjen Wahyu Widada sebagai Kabareskrim menggantikan Komjen Agus Andrianto yang kini menjabat Wakapolri.

Wahyu sebelumnya menjabat Kabaintelkam. Kini posisi itu diisi oleh Komjen Suntana.

Berikut ini daftar para pati Polri yang mengikuti upacara serah terima jabatan.

- Komjen Wahyu Widada sebagai Kabareskrim

- Komjen Suntana sebagai Kabaintelkam

- Irjen RZ Panca Putra sebagai Pati Kalemdiklat Polri

- Irjen Agung Setya Imam Effendi sebagai Kapolda Sumut

- Irjen Verdianto Iskandar Bitticaca sebagai Asops Kapolri

- Irjen R Adang Ginanjar sebagai Kapolda Sulbar

- Irjen Putu Jayan Danu Putra sebagai Pati Baintelkam Polri

- Irjen Ida Bagus KD Putra Narendra sebagai Kapolda Bali

Selain itu, dalam acara tersebut, dilakukan upacara kenaikan pangkat atau korps raport terhadap sejumlah pati Polri. Berikut ini daftarnya.

Dari Brigjen ke Irjen:

- Irjen Utomo Heru Cahyono

- Irjen Ida Bagus KD Putra Narendra

Dari Kombes ke Brigjen:

- Brigjen Jebul Jatmoko

- Brigjen Yuyun Yudhantara

- Brigjen Pranyoto

- Brigjen Djoko Hari Utomo

- Brigjen Irfing Jaya

- Brigjen Irman Sugema

- Brigjen Hadi Utomo

- Brigjen Auliansyah Lubis

- Brigjen Indarto.

(t/bn/anlm)

Diberdayakan oleh Blogger.