Pj Bupati Tapteng Tepung Tawari dan Upah-upah 74 Orang Calhaj Tapteng

Pj Bupati Tapteng Tepung Tawari dan Upah-upah 74 Orang Calhaj Tapteng

Redaksi
By -
0

Bicaranews.com|Tapteng– Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Tapanuli Tengah (Pemkab ) Tepung Tawari  dan Upah-upah Jamaah Calon Haji/Hajjah (Calhaj) Kabupaten Tapteng Tahun 1444 H/2023 M yang dilaksanakan di Aula Kantor Dinas Pendidikan Tapteng, Jumat (12/05/2023).

Tepung Tawar Calhaj ini diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh Qori Marwan Siregar S.Pd.I dilanjutkan dengan acara Tepung Tawar dan pemberian Upah-upah  oleh  PJ Bupati Tapteng dan Tausiyah oleh Ustad Drs H. Ngadiman KS.

PJ Bupati Tapteng Elfin Elyas dalam sambutannya  menyampaikan Selamat menjalankan Ibadah Haji  bapak ibu,  orang tua kami semoga menjadi Haji/Hajjah yang Mabrur dan Mabruroh. Kita mengetahui bahwa Ibadah Haji merupakan  Rukun Islam ke Lima, di mana Ibadah Haji  ini sangat dianjurkan bagi umat muslim yang mampu untuk menunaikan ibadah  Haji di Tanah Suci Mekkah.

Selanjutnya Pj.  Bupati Tapteng menyampaikan Semoga Jamaah  Calon Haji/Hajjah  Kabupaten Tapanuli Tengah diberi kesehatan selama ditanah Suci dan kembali ke tanah air dengan sehat  dan harapan kami  sesama Jamaah saling tolong menolong selama berada di Tanah Suci Mekkah. 

Sebelumnya Kakan Kemenag Tapteng H. Zul Syukri Mangandar Limbong, S.Ag, MM,  dalam laporannya meyampaikan Jamaah Calhaj Kabupaten Tapteng tahun 2023 berjumlah 74 orang. Dengan rincian Jamaah Haji yang reguler berjumlah 71 orang, Jamaah Haji Cadangan 3 orang Jamaah Haji laki laki 20 orang Jamaah Haji perempuan 54 orang Jamaah Haji yang termuda Siti Anugrah Hutagalung dari Kecamatan Kolang dengan usia 26 tahun Jamaah Haji tertua Mintauli Situmeang dari Kecamatan Pinangsori dengan usia 87 tahun.

Adapun Jumlah Haji per Kecamatan dengan rincian Kecamatan Pandan 38 orang, Kecamatan Sarudik 5 orang, Kecamatan Badiri 3 orang, Kecamatan Pinangsori 4 orang, Kecamatan Tukka 5 orang, Kecamatan Barus 4 orang, Kecamatan Kolang 3 orang, Kecamatan Sorkam 8 orang, Kecamatan Sorkam Barat 2 orang, Kecamatan Tapian Nauli 1 orang, Kecamatan Andam Dewi 1 orang.

Untuk keberangkatan Jamaah Calhaj Tapteng diperkirakan  Kloter Pertama masuk Asrama Haji Medan  pada tanggal 23 Mei 2023 dan berangkat ke Arab Saudi pada tanggal 24 Mei 2023, sedangkan pemulangan Jamaah Haji  Tahun 2023 Kloter Pertama  berangkat dari Jeddah ke tanah air pada tanggal 04 Juli 2023 mendatang.

Mewakili Jamaah Haji Dapot Sinta Halomoan Hutabarat menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada pemerintah Kabupaten Tapteng atas Tepung Tawar  dan upah-upah serta fasilitas yang diberikan pemerintah.

"Terima kasih kepada Pemerintah Tapteng atas Tepung Tawar  dan upah-upah  menjadi penyemangat bagi kami untuk menjalankan Ibadah Haji. Dan apresiasi  telah memfasilitasi  keberangkatan kami ke tanah Suci Mekah. Semoga dengan doa kita bersama kami seluruh Calon Jamaah Haji dapat melaksanakan dan mengikuti semua tahapan pelaksanaan Ibadah Haji di Mekkah dalam keadaan  sehat walafiat hingga  kembali ke Tanah Air," ucapnya.

Kegiatan ini turut dihadiri mewakili Forkopimda Tapteng, Plh Sekretaris Daerah Drs Herman Suwito MM, Asisten, Pimpinan OPD Tapteng, Organisasi Islam.(t/bn)

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)