Bupati Taput Pimpin High Level Meeting Pengendalian Inflasi Daerah Kabupaten Tapanuli Utara - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Bupati Taput Pimpin High Level Meeting Pengendalian Inflasi Daerah Kabupaten Tapanuli Utara

Bicaranews.com | TAPUT - Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si  didampingi Wakil Bupati Tapanuli Utara Sarlandy Hutabarat, SH, MM. , Unsur Formopimda Taput,  

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sibolga  Jonataruli Sidabalok, Fungsional Ahli Muda Badan Pusat Statistik Kabupaten Tapanuli Utara Waltor Simanungkalit, Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Setdakab Tapanuli Utara Tutur Simanjuntak dan Pimpinan Perangkat Daerah se-Kabupaten Tapanuli utara melaksanakan High Level Meeting Pengendalian Inflasi Daerah Kabupaten Tapanuli Utara yang dipimpin langsung oleh Bupati Tapanuli Utara bertempat di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati Tapanuli Utara, Senin (15/5/2023).

Rapat koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah tersebut dilaksanakan sebagai tindak lanjut rapat koordinasi pengendalian inflasi daerah yang dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia dan evaluasi pengendalian inflasi daerah Kabupaten Tapanuli Utara periode triwulan I (Januari – Maret 2023) serta membahas langkah konkret Pemerintah Kabupaten Tapabuli Utara dalam mengendalikan inflasi.

Berdasarkan laporan dari Bank Indonesia Perwakilan Sibolga dan Badan Pusat Statistik Kabupaten Tapanuli Utara, laju inflasi di Kabupaten Tapanuli Utara periode Januari – April 2023 relatif menurun dan terkendali namun Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara perlu menjaga ketersediaan dan harga pasokan komoditas pangan hingga akhir tahun.

Sekaitan dengan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara telah melakukan beberapa program untuk  pengendalian inflasi di Kabupaten Tapanuli Utara sebagai berikut :

Dalam rangka menjaga pasokan komoditas pangan dan hortikultura, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara secara konsisten mengembangkan pertanaman padi sawah, komoditas cabai dan bawang merah di Kabupaten Tapanuli Utara dimana kebutuhan hingga akhir tahun diproyeksikan akan mengalami kenaikan (Surplus).

Terkait Kerjasama Antar Daerah (KAD) Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara telah mengadakan kerjasama perdagangan hasil pertanian dengan Pemerintah Kota Batam dan akan memperluas potensi Kerjasama dengan Kota lainnya seperti Kota Padangsidempuan, Kota Sibolga dan Kota Pekanbaru.

Pemantauan harga komoditas tetap dilaksanakan secara rutin melalui Dinas Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tapanuli Utara.

Untuk memastikan kebutuhan pangan tetap terjaga, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara telah menerbitkan Instruksi Bupati Tapanuli Utara Nomor 35 Tahun 2022 tentang Pemanfaatan Lahan Kosong di Pekarangan melalui Penanaman Tanaman Pangan di Sekitar Lingkungan Rumah, Lingkungan Kantor, dan Rumah-rumah Ibadah dan Instruksi Bupati Tapanuli Utara Nomor 36 Tahun 2022 tentang Himbauan Untuk Memelihara Ternak dan selanjutnya untuk memastikan laju inflasi tetap terjaga, Bupati Nikson Nababan akan melakukan kebijakan dan program – program sebagai berikut :

Melakukan pemantauan harga terhadap 20 komoditas pangan yang dapat memicu terjadinya inflasi, melaksanakan rapat teknis pengendalian inflasi bersama Forkopimda dan Perangkat Daerah Kabupaten Tapanuli Utara, melaksanakan operasi pasar murah untuk menjaga stabilitas harga bahan pangan, melakukan sidak pasar secara rutin untuk mengetahui kondisi ketersedian dan harga bahan pangan dan meningkatkan koordinasi dengan daerah yang defisit komoditas pangan.

"Semoga langkah-langkah konkret Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara dalam menekan laju inflasi berhasol dan manfaatnya dapat dapat dirasakan langsung oleh masyrakat," ungkap Bupati Nikson Nababan. (Bn) 


Pewarta : Maruli

Diberdayakan oleh Blogger.