Walikota Dukung Perda Jamsostek Untuk Perlindungan Seluruh Pekerja di Kota Sidempuan

Walikota Dukung Perda Jamsostek Untuk Perlindungan Seluruh Pekerja di Kota Sidempuan

Rambe
By -
0

Bicaranews.com|Sidempuan - Pemerintah Kota Padang Sidempuan bersama DPRD akan segera menerbitkan Perdaturan Daerah (Perda) Jamsostek guna melindungi Ribuan pekerja rentan, pekerja lintas agama dan pekerja sosial di Kota Sidempuan.

Untuk mendukung  Instruksi Presiden No 2 Tahun 2021 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan mengoptimalkan perlindungan ketenagakerjaan di Kota Padang Sidempuan, pihaknya juga akan menertibkan seluruh perusahaan yang belum mematuhi aturan BPJS Ketenagakerjaan pada perizinan, dimana setiap pengusaha wajib melindungi tenaga kerjanya dalam Pogram Jamsostek.

Walikota Padang Sidimpuan Irsan Efendi Nasution meminta Dinas terkait untuk melakukan kajian dan perhitungan kesanggupan anggaran dalam menampung  iuran setidaknya  bagi 5000 pekerja pada APBD senilai Rp 1 Miliar. Ketentuan itu akan diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) Jamsostek yang direncanakan dapat terbit tahun 2022 ini.

“Prioritas kita para pekerja keagamaan di BKM Mesjid,  pekerja adat, forum kerukunan umat beragama, para pendeta dan sintua gereja, Vihara dan keagamaan lainnya untuk dapat dilindungi dalam program jaminan sosial ketenagakerjaan,” jelas Walikota Sedempuan Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution saat menerima audiensi Rombongan Kepala BPJS Ketenagakerjaan cabang Padangsidimpuan yang baru di Aula Kantor Walikota Padangsidimpuan, Kamis (24/2/2022) lalu sebagaimana keterangan tertulis Jamsostek Sidempuan, selasa (01/03/2022).

“Barang kali Pak Sanco, Perda Sibolga dapat dijadikan sebagai rujukan,  biar kawan-kawan di Disnaker dan Bagian Hukum dapat segera melakukan jadwal untuk membahas Perda yang akan dilahirkan tahun ini,” ungkap Walikota.

Dengan asumsi 500 orang meninggal dunia dalam setahun dan santunan Jaminan Kematian Jamsostek Rp 42 Juta,   sekitar Rp 21 Miliar uang akan beredar di Padang Sidempuan.

“Perekonomian Kota Padang Sidimpuan tentu akan  tumbuh. Ini akan meningkatkan konsumsi  masyarakat dan mencegah kemiskinan baru. Bukan berarti nyawa dapat ditebus dengan uang tetapi para ahli waris dapat membuka lapangan ekonomio baru sepeninggal pencari nafkah,” pungkas Walikota.

Nyawa tidak bisa dihitung nilainya, tetapi yang namanya meninggal dunia adalah suatu kepastian. 

“Saya sangat setuju dengan program dan manfaat BPJS Ketenagakerjaan agar kemiskinan baru  tidak berkembang terus menerus ditengah tengah masyarakat“, jelas Walikota . 

Dikesempatan itu, Walikota menyerahkan santunan kematian kepada ahli waris  dari Almh. Herta Madonna Hutabarat berupa santunan Jaminan Kematian (JKM) sebasar Rp 42.000.000, Jaminan Hari Tua (JHT) sebesar Rp 48.824.909, Jaminan Pensiun (JP) sebesar Rp 356.600/bulan, dan Beasiswa untuk 2 orang anak Maksimal sebesar Rp 174.000.000.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Sidempuan Dr. Sanco Simanullang, S.T., M.T., IPM., ASEAN Eng menyampaikan terimakasih atas dukungan Pemko Sidempuan dan siap memberikan perlindungan bagi seuruh pekerja di Kota Padang Sidempuan. 

"Kami siap mendukung Pemko Sidempuan untuk mewujudkan kesejahteraan bagi pekerja di Kota ini, melalui program Jamsostek," katanya.

Hadir mendampingi Walikota Padang Sidempuan , Kadis Tenaga Kerja Risman Kholid, Kadis Perizinan Satu Pintu Ruslan Abdul Gani, Sekretaris BPKAD Monalisa.

Sementara dari BPJS Ketenagakerjaan turut hadir Kepala Bidang Kepesertaan Yuliandi Sahputra, Kepala Pelayanan Freddy S Panggabean, Account Representative Yuswiriadi dan Yohana Carolina Simamora . (Mader/bn)

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)