Silahturrahmi ke Kemendes PDTT, Bupati Paparkan Potensi Desa di Kabupaten Simalungun

Silahturrahmi ke Kemendes PDTT, Bupati Paparkan Potensi Desa di Kabupaten Simalungun

Rambe
By -
0

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga melakukan kunjungan silahturrahmi
 Ke Kemendes PDTT

Bicaranews.com|Simalungun - Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga didampingi Kadis PMPN Jonni Saragih dan Kabid Pemerintahan Nagori melakukan kunjungan silahturrahmi ke Kementerian Desa, Pembanguan Daerah danTransmigrasi (Kemendes PDTT) di Jakarta, Selasa (15/3/2022). 

Kehadiran Bupati bersama Kadis PMPN di Kemendes PDTT diterima langsung oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi A. Halim Iskandar yang didampingi Dirjen Pembangunan Desa dan Perdesaan Sugito. 

Kunjungan Bupati di Kemendes PDTT, membahas program tentang desa untuk menjadi acuan bagi Pemkab Simalungun dalam melaksanakan kegiatan di daerah.

Topik yang bahas antara lain tentang Payung hukum realokasi selisih penggunaan bantuan lagsung tunai (BLT) Desa yang tidak sampai 40%. Bupati/Walikota diberi diskresi untuk realokasinya ke nagori lain atau kembali ke nagori awal dengan peruntukan prioritas lainnya.

Selain juga membicarakan tentang tanggungjawab pemilik hak guna usaha (HGU) terhadap pemeliharaan infrastruktur jalan umum  di areal HGU antara lain dengan standard dan kwalitas jalan angkutan umum bukan angkutan produksi perkebunan dan harus dibuat aturannya

Selanjutnya membicarakan terkait dengan dukungan program, kegiatan dan pembiayaan dari Kemendes   DPTT tentang pengembangan Desa Wisata dan dukungan program, kegiatan dan pembiayaan dari Kemendes DPTT tentang badan usaha milik nagori (BUMNag) dalam rangka permodalan dan pendampingan. 

Sebelumnya Bupati Simalungun memaparkan potensi desa di Kabupaten Simalungun kepada Mendes PDTT. Dalam pemaparannya, Bupati berharap adaya dukungan penuh dari Kemendes PDTT, dalam upaya menggali potensi desa di Simalungun.

Selain memaparkan potensi desa, Bupati juga berharap adanya atensi terkait penggunaan dana desa untuk pembenahan infrastruktur jalan antar desa supaya akses jalan antar desa bisa terintegrasi yang berdampak semakin mudahnya akses pengangkutan hasil pertanian desa untuk dipasarkan.

Semuanya harapan Bupati Simalungun itu disampaikan kepada Mendes PDTT, demi kesejahteraan masyarakat.(t/bn)

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)