Ini Spesifikasi Motor Custom Presiden Jokowi saat Menjajal Jalanan Kawasan Danau Toba

Ini Spesifikasi Motor Custom Presiden Jokowi saat Menjajal Jalanan Kawasan Danau Toba

Rambe
By -
0

Bicaranews.com|SIMALUNGUN - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjajal jalanan kawasan Danau Toba dengan mengendarai motor custom berwarna hijau cerah dari simpang Sibisa, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Samosir menuju Pantai Bebas Parapat, Kecamatan Girsang Sipanganbolon, Kabupaten Simalungun, Rabu (2/2/2022). 

Saat berkendara motor, Jokowi tampak menggunakan jaket bercorak hijau hitam bertuliskan Rabbit and Wheels dan sepatu snikers. Sambil berkendara dan menggunakan helm hitam, Jokowi melambaikan tangannya kepada masyarakat yang ada di pinggir jalan.

Seperti diketahui,  Jokowi terkenal dengan gaya hidupnya yang sederhana dan menyukai hal-hal yang bersangkutan dengan anak muda, Mulai dari menggemari musik metal, hingga dunia otomotif seperti motor custom.

Motor bergaya chopper ini merupakan motor custom pertama yang dimiliki oleh bapak Presiden Republik Indonesia itu. Motor ini merupakan hasil dari Garapan Elders Garage yang berkolaborasi dengan Kickass Choppers. Merk motor asal Inggris ini dikenal sebagai salah satu armada perang British Forces Motorcycle pada 1930-1945.

Melihat dari nilai historisnya, Royal Enfield yang berusia lebih dari 100 tahun sangat kental dengan sejarah perang. Di mana motor ini pernah terlibat dalam Perang Dunia I (PD I) dan Perang Dunia II (PD II). Berikut Spesifikasi dari Royal Enfield Bullet 350 milik Jokowi.

Mesin awalnya dibeli dengan harga sekitar Rp 60 juta. Rangka yang digunakan adalah model Chopperland hasil dari kolaborasi Elders Garage dengan Kickass Choppers dengan waktu pembuatannya kurang lebih satu bulan.

Mesin yang digunakan memiliki Bullet 1 silinder. Menggunakan busi ganda Memiliki kapasitas mesin 346 cc. Tenaga 19,8 Horse Power dengan torsi 28 Nm. Transmisi manual dengan 5-Speed. Pada 3 Desember 2017, Chopper Royal Enfield milik Jokowi disertakan dalam ajang Yokohama Hot Rod Custom Show 2017 di Jepang. Motor tersebut dari bahan hingga menjadi model chopper yang menghabiskan dana hingga Rp 140 Juta.

Satu lagi motor custom yang dimiliki oleh suami Iriana Jokowi adalah Kawasaki W175 dengan model custom chopper bobber. Motor tersebut dibangun oleh Katros Garage. 

Chopper yang dibangun dengan basic dari Kawasaki W175 ini menggunakan ban aspal dan sasis rigit tanpa peredam kejut belakang. Meski demikian, Jokowi tetap terlihat santai mengendarainya melewati jalur off-road. Pada saat kunjungan kerjanya ke perbatasan RI-Malaysia, Jokowi mengendarai sendiri motor custom miliknya yang bergaya chopper itu. Builder Katros Garage, Andi Akbar, adalah orang yang menggarap motor tersebut. Menurut mantan freestyler ini proses untuk rancang bangun memakan waktu selama kurang lebih dua bulan.

Selain dari sisi bentuk dan model, fokus pengerjaan juga ada dari sisi ergonomic dan durabilitas yang ikut diperhitungkan menyesuaikan pilihan desain yang dipilih sendiri oleh mantan Wali Kota Solo tersebut. Selain tampilannya, posisi berkendara juga ikut diperhitungkan oleh sang builder. Pria yang akrab disapa Atenk itu sempat meminta seorang temannya yang memiliki tinggi dan badan yang sama dengan Presiden untuk dijadikan model dengan tujuan adalah agar bisa mendapatkan posisi duduk pas dan nyaman. 

Berikut Spesifikasi Kawasaki W175 Chopper Bobber milik Jokowi :

Sasis untuk motor tersebut adalah customPelek depan adalah Ring 16, dan Ban Depan : 5.00-16

Tangki bahan bakar adalah custom (Pelat Galvanis 1,2mm), Cover dari body : custom (Pelat Galvanis 1,2mm)

Spakbor depan dan belakang : custom (Pelat Galvanis 1,2mm)

Knalpot : custom

Jok : custom

Lampu depan : LED Aftermarket 5.75 inci

Lampu belakang : LED Aftermarket

Lampu sein : LED Aftermarket   

Hobi koleksi motor custom bukan hanya sekedar pajangan pada beberapa kesempatan, Jokowi juga sempat mengendarai kedua custom miliknya tersebut di jalan raya, bahkan pernah digunakan untuk touring di Sukabumi, Mandalika dan kini di Kawasan Danau Toba. (t/bn)

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)