Dilantik Jokowi, Dudung Abdurachman Jadi KSAD, Mayjen Suharyanto sebagai Kepala BNPB

Dilantik Jokowi, Dudung Abdurachman Jadi KSAD, Mayjen Suharyanto sebagai Kepala BNPB

Rambe
By -
0

Bicaranews.com|Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Dudung Abdurachman menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) dan Mayjen Suharyanto sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menggantikan Letjen Ganip Warsito.

Dalam pelantikan itu, Dudung Abdurachman naik pangkat dari Letjen menjadi jenderal bintang empat.Kenaikan pangkat itu berdasarkan Keputusan Presiden No 108/TNI/Tahun 2021 tentang Kenaikan Pangkat dalam Golongan Perwira Tinggi TNI

"Memutuskan, menetapkan, kesatu, menaikkan pangkat 1 tingkat lebih tinggi kepada perwira tinggi TNI atas nama Letnan Jenderal TNI Dudung Abdurachman menjadi Jenderal TNI. Terhitung mulai tanggal ditetapkan Keputusan Presiden ini," kata Sekretaris Militer Presiden Marsma TNI Tonny Harjono membacakan Kepres yang diteken Jokowi.

Acara kemudian dilanjutkan penyematan pangkat bintang empat kepada Dudung Abdurachman oleh Presiden Jokowi.

Kenaikan pangkat ini diberikan setelah Dudung dilantik menjadi KSAD. Berdasarkan tayangan di YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (17/10/2021), pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta Pusat.

Hadir dalam pelantikan Wakil Presiden Ma'ruf Amin hingga Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri. Pelantikan Dudung ini dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden No 107/TNI/Tahun 2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Darat.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," demikian petikan sumpah yang dibacakan Letjen Dudung.

Mayjen Suharyanto Resmi Jadi Kepala BNPB

Selain itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga melantik Mayjen Suharyanto sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menggantikan Letjen Ganip Warsito.

Prosesi pelantikan diawali dengan dikumandangkannya lagu Indonesia Raya. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan keputusan presiden.

Setelah itu, rohaniwan mendampingi Mayjen Suharyanto saat pembacaan sumpah jabatan. Sumpah jabatan dipandu oleh Jokowi.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada UUD Negara RI Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya, demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan, akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," ucap Mayjen Suharyanto dipandu Jokowi.

sumber:detikcom

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)