Pertama Kali, Pemkab Tapteng Raih Anugerah Parahita Ekapraya. - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Pertama Kali, Pemkab Tapteng Raih Anugerah Parahita Ekapraya.

Bicaranews.com|PANDAN - Untuk pertama kalinya di bawah kepemimpinan Bupati Tapanuli Tengah, Bakhtiar Ahmad Sibarani dan Wakil Bupati, Darwin Sitompul, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) berhasil meraih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020 kategori Pratama, dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kementerian PPPA) Republik Indonesia (RI).

Penyerahan penghargaan APE itu digelar secara daring dari Jakarta, Rabu (13/10) yang dihadiri Menteri PPPA RI, Bintang Puspayoga, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas RI, Suharso Manoarta, dan Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki, serta diikuti oleh Komisi VIII DPR RI, Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi dan Kabupaten/Kota, Organisasi Perempuan, Organisasi Kemasyarakatan, dan berbagai Komunitas.

Pada kesempatan itu, Menteri PPPA RI, Bintang Puspayoga mengatakan, penghargaan APE ini diberikan sebagai bentuk apresiasi bagi kementerian/lembaga dan Pemda yang dianggap berhasil mengimplementasikan Pengarusutamaan Gender (PUG) dalam program dan kegiatannya. 

Penilaian ini dilakukan dengan memantau dan mengevaluasi indikator-indikator yang dapat mengukur pelaksanaan PUG, khususnya aspek kelembagaan dan implementasi dari tujuh prasyarat PUG.

Atas raihan pretasi itu, Bupati Tapanuli Tengah, Bakhtiar Ahmad Sibarani menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Pusat, dalam hal ini Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak bersama Bappenas, yang telah menyerahkan penghargaan APE kepada Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah melalui Bupati Tapanuli Tengah, atas kinerja, dukungan dan komitmen dalam Pengarusutamaan Gender (PUG), yang dilakukan secara sistematis dan berkelanjutan di Kabupaten Tapanuli Tengah.

Diungkapkan Bupati, Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) ini adalah untuk yang pertama kalinya diraih Pemkab Tapteng. Tentunya, keberhasilan itu tidak terlepas dari kerja sama seluruh stakeholder Pemda dan masyarakat Tapteng yang membangun Tapteng berorientasi pada pembangunan berkeadilan gender.

"Kami berharap ke depan, upaya kita bersama secara lintas sektor untuk terus berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan keadilan dan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak, serta memenuhi kebutuhan anak sebagai salah satu program prioritas kita dalam mewujudkan visi dan misi Kabupaten Tapanuli Tengah, khususnya memberhasilkan program pengarusutamaan gender," ungkapnya.

Untuk diketahui, penghargaan APE ini diberikan sekali per dua tahun, kepada Kementerian/Lembaga dan Pemda yang dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan dan keadilan gender, yang dimulai dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pengawasan, serta implementasi hingga ke masyarakat yang dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak, serta memenuhi kebutuhan anak.

Turut juga mengikuti kegiatan ini secara daring, Wakil Bupati Tapteng, Darwin Sitompul didampingi oleh Kepala Dinas PPPA Tapteng, Rahmadiah Hanum, SE, MM, Kepala Bappeda Tapteng, Anton Sujarwo BS, S.STP, MM, Kepala BPKPAD Tapteng, Basyri Nasution, SP, Inspektur Tapteng, Mulyadi Malau, M.AP, Kepala Dinas Kominfo Tapteng Darwin Pasaribu, S.Sos, Kabid KHPK Dinas PPPA Tapteng, Siska Monalisa Hutagalung STr.Keb, dan Kabid PKPM Bappeda Tapteng Hendra Wijaya, SE.(humas/bn)

Diberdayakan oleh Blogger.