Fakultas Keperawatan USU Melakukan Pegabdian Kepada Masyarakat di Food Estate Humbahas - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Fakultas Keperawatan USU Melakukan Pegabdian Kepada Masyarakat di Food Estate Humbahas

Pegabdian Kepada Masyarakat

Bicaranews.com|Medan - Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara (USU) melakukan pegabdian kepada masyarakat di Desa Ria-ria, Kecamatan Pollung Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) pada 9 Oktober 2021.

Dalam pelaksanaan pegabdian itu,  mereka dibagi menjadi dua kelompok. Dengan kelompok pertama mengusung topik "Pendampingan Perilaku Sehat Bertani” yang beranggotakan Bina Melvia Girsang, SKep, Ns, MKep, Eqlima Elfira, S.Kep, Ns., M.Kep, Evi Indriani Br.Karo., SST.,M.Keb. 

Sedangkan kelompok 2 dengan topik “Manajemen  Wash or Keep Away (WORKEY)”  dengan anggota Febrina Oktavinola Kaban, SST, MKeb, Diah Lestari SST, M.Keb, dan Farida Linda Sari Siregar, S.Kep, Ns, MKep.

"Wilayah ini juga berpotensi menjadi tempat agrowisata, sehingga petani perlu dibekali dengan pengetahuan mengenai protokol kesehatan yang penting diterapkan di masa Pandemi," ungkap salah satu peserta Bina Melvia Girsang, SKep, Ns, MKep dalam relis yang diterima wartawan,  Kamis (28/10/2021).

Dikatakannya,  memilih Desa Ria-ria sebagai lokasi pegabdian karena Desa tersebut merupakan kawasan pertanian agrobisnis dengan potensi pengembangan yang cukup besar dan dipersiapkan menjadi salah satu dari bagian lumbung pangan (food estate) yang dipersiapkan di 4 kabupaten sekitar Danau Toba. 

Kegiatan yang dilaksanakan pada 9 Oktober 2021 tersebut didukung dengan pemeriksaan kesehatan onsite.  Kegiatan itu juga disambut hangat oleh petani yang bekerja di lahan food estate yang telah diresmikan oleh Presiden Jokowi pada 27 Oktober 2020 silam.

"Harapannya bahwa kegiatan ini dapat mendorong semangat dan kesadaran bersama, pentingnya menerapkan protokol kesehatan selama bertani sehingga dapat mencukupi kebutuhan pangan domestik yang menggerakkan roda perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan," jelasnya. (t/bn01)

Diberdayakan oleh Blogger.