Fokus Majukan Pertanian, Bupati Humbahas Tinjau Perkebunan Durian di Pakkat - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Fokus Majukan Pertanian, Bupati Humbahas Tinjau Perkebunan Durian di Pakkat

Bicaranews.com|Doloksanggul - Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) Melaksanakan Kunjungan Kerja di 3 (tiga) Kecamatan, antara lain di Kecamatan Pakkat, Kecamatan Pollung dan Kecamatan Lintongnihuta, Kamis (5/8/2021). Kunjungan Kerja ini merupakan komitmen Bupati Humbang Hasundutan dalam memajukan pertanian.

Kunjungan pertama dilakukan di Desa Purba Baringin Kecamatan Pakkat, dilokasi ini bupati bersama rombongan meninjau perkebunan durian. Perkebunan ini merupakan kerjasama Pemerintah Daerah Kabupaten Humbang Hasundutan dengan PT. Pertamina. Lokasi perkebunan durian yang sudah ditanami seluas ± 11,5 Hektar dari total lahan 24,5 Hektar. Varietas durian yang ditanam adalah varietas Durian Musanking, Durian Merah Papua, Durian Duri Hitam, Durian D24, Durian Montong, Durian Bawor dan Durian Bayuwangi . 

Saat ini total yang sudah ditanam ada sebanyak 1100 Batang Durian yang bersumer dari CSR PT. Pertamina dan sekitar 200 Batang hasil swadaya masayarakat petani. Perkebunan Durian ini dikelola oleh 16 Kepala Keluarga yang tergabung dalam kelompok Tani Sentra Durian Pakkat yang di mentoring oleh  TIM Obor Tani Semarang. 

Rombongan melanjutkan kunjungan ke Lokasi Food Estate di Desa Hutajulu Kecamatan Pollung. Para petani di sana berkesempatan berdiskusi dengan Bupati Humbang Hasundutan. Pertemuan ini merupakan sosialisasi Land Clearing agar Lokasi Food Estate ini segera dapat ditanami. 

Bupati memastikan kepada masyarakat bahwa tanah ini nantinya akan menjadi milik masyarakat petani dan akan diberikan sertifikat tanahnya secara gratis, tetapi tidak boleh diperjual-belikan. “Penjualan tanah tidak diperbolehkan, agar fungsi kawasan ini sebagai lahan pertanian tidak berubah”, tegas bupati. 

Selanjutnya bupati menjelaskan bahwa di Lokasi Food Estate Hutajulu Ini nantinya akan ditanam 4 komoditas holtikultura yakni, bawang merah, bawang putih, kentang dan jagung. “Mengapa hanya 4 komoditas ini saja? Karena pemerintah telah menjalin kerjasama dengan para investor yang dapat menampung produk pertanian dari 4 komoditas tersebut dan ada jaminan harga, sehingga ketika panen melimpah, harga tidak akan jatuh.” terang bupati.

Kunjungan Kerja Bupati Humbang Hasundutan kemudian berlanjut di Desa Silaban Kecamatan Lintongnihuta melaksanakan panen kentang dilahan milik Rommel Silaban. Berdasarkan hasil ubinan, diperoleh 24,9 ton per hektar.

Bupati Humbang Hasundutan dalam kunjungan kerjanya didampingi oleh Kepala Dinas Pertanian Ir. Junter Marbun, Van Basten Panjaitan dan J Fernando Limbong dari Staf Ahli Menko Marvest. (Diskominfo).

Diberdayakan oleh Blogger.