Bupati Pakpak Bharat Wacanakan Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe Jadi Pusat Jajanan Durian - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Bupati Pakpak Bharat Wacanakan Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe Jadi Pusat Jajanan Durian

Frans Tumanggor

Bicaranews.com|Pakpak Bharat - Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor wacanakan Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe menjadi pusat jajanan durian. Menurutny daerah tersebut mempunyai potensi dan peluang bisnis sangat besar karena sebagai Daerah penghubung dua Provinsi  yakni Provinsi Aceh dan Sumatera Utara.

"Tadi saya sempat berbincang dengan seorang petni durian di Desa ini, hal penting yang menarik perhatian saya adalah bahwa menurut penuturan dia sendiri dalam sekali musim durian dia bisa menghasilkan uang antara 60 sampai 70 juta rupiah, jumlah yang sangat  fantastis menurut saya dan patut dicontoh serta dikembangkan oleh kita semua"  ungkap Bupati Franc saat mengunjungi Desa Maholida di Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe, Rabu (18/08/2021).

Dalam kunjungan itu Bupati melakukan penanaman pohon durian bersama Kelompok Tani Kirana dan Kelompok Tani maju Tani yang berbasis di Desa ini dan menjadikan Tanaman Durian sebagai Tanaman Perioritas di Kelompok Tani mereka.

Bupati mengungkapkan cita besarnya tentang pengembangan produk duarian di Pakpak Bharat khususnya di Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe.

"Sedang kita kaji dan rencanakan kedepan nanti bagaimana mengembangkan serta mengolah buah durian ini menjadi sesuatu produk yang lebih bernilai tinggi dan laku dipasar, mungkin akan kita jadikan aneka jajanan semisal dodol durian dan sebagainya, tentu harga jualnya akan lebih tinggi dan tahan lama mengingat buah durian ini adalah buah musiman, tentu tidak selalu ada di pasaran, hal ini tentunya perlu kita siasati bagaimana kita bisa terus memasok produk durian sepanjang waktu dan bernilai jual tinggi," ungkap Bupati.

Lanjut Bupati Franc, Sitellu Tali Urang Jehe ini punya potensi dan peluang bisnis sangat besar. Menurutnya, sebagai Daerah penghubung dua Provinsi  yakni Provinsi Aceh dan Sumatera Utara sebenarnya potensi untuk maju dan berkembang akan lebih besar bila  bisa menfaatkan keadaan ini. Oleh karenanya layak dibangun sebuah rest area yang nanti akan menyediakan berbagai macam produk local, termasuk olahan durian.

Bupati juga mengatakan rencananya untuk menyelenggarakan pestival durian untuk memperkenalkan durian Pakpak Bharat kepada dunia luar.

"Kita juga sedang mempersiapkan sebuah event besar untuk mengenalkan durian kita kepada masyarakat luar dan para pecinta durian, mungkin pestifal durian atau acara lain yang sama," Sebutny. 

"Percayalah bapak ibu semua, kalau kita satu kata, sada kata sada orjok, apapun cita-cita dan harapan kita pasti akan bisa kita wujudkan, kuncinya itu, kita bersatu, kita laksanakan apa yang menjadi rencana kita bersama-sama," ajak Bupati Franc menutup arahannya.

Dalam kesempatan ini Bupati Franc membagikan ratusan bibit durian kepada dua kelompok tani  jyaitu jenis durian unggul dan pilihan dengan menyesuaikan kondisi geogerafis Sitellu Tali Urang Jehe yang secara umum memang sangat cocok dengan tanaman yang dijuluki si Raja Buah ini.(t/bn)

Diberdayakan oleh Blogger.