Biro SDM Polda Sumut Gelar Supervisi Dan Sosialisasi Pembinaan Fungsi SDM Untuk Polres Tapsel dan Polres Palas - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Biro SDM Polda Sumut Gelar Supervisi Dan Sosialisasi Pembinaan Fungsi SDM Untuk Polres Tapsel dan Polres Palas

Bicaranews.com|Tapanuli Selatan – Biro SDM Polda Sumut yang di pimpin Ketua Timnya Kabag Dalpers Poldasu AKBP Hendry Posma Lubis, SIK, MH menggelar kegiatan Supervisi dan Sosialisasi Pembinaan Fungsi SDM untuk Polres Tapsel dan Polres Palas.Kegiatan ini berlangsung di Aula Pratidina Polres Tapsel, Kamis (19/8/2021) pukul 10.30 WIB.

Tampak hadir dan mendampingi Kabag Dalpers Polda Sumut, Kapolres Tapsel AKBP Roman Smaradhana Elhaj, SH, SIK, MH, kemudian Kapolres Palas yang diwakili Kabag Sumda Polres Palas Kompol Jalanag, SH.Ketiganya memimpin pelaksanaan kegiatan Supervisi dan Sosialisasi Pembinaan Fungsi SDM untuk Polres Tapsel dan Polres Palas.
Turut hadir dari Tim Biro SDM Polda Sumut antara lain Kaurren Subbagrenmin Ro SDM Polda Sumut Penata Saipul, SE selaku Koordinator, Paur Subbagrohjasroh Bagwatpers Ro SDM Polda Sumut AKP Jurnal Manimbul Aritonang, SPd selaku anggota, Paur Subpangkat Bagbinkar Ro SDM dan Psikolog Kepolisian TK II Ro SDM Polda Sumut Ipda Wiwin Sumariadi, SH, MPSi selaku anggota.
Kemudian dari Polres Tapsel dan Polres Palas antara lain Kabag Ops Polres Tapsel Kompol Abdi Abdullah, SH, Kabag Sumda Polres Tapsel Kompol Bunbunan Lumban Raja, Kasat Narkoba AKP Eddy Sudrajat, SH, Kasat Lantas AKP Zainal Muhlisin dan para Perwira serta Brigadir / Staff Polres Tapsel dan Polsek jajaran Polres Tapsel.
Dari Polres Palas antara lain, Kasubbag Sarpras Polres Palas AKP K.Manurung, Paurkes Polres Palas Penata I Nila Warni dan Brigadir / Staff Polres Palas.
Usai pembukaan oleh protokol Briptu Siti Westiana kemudian laporan Perwira yang ditunjuk Ipda Hendra Anil Dakwan, SH dan dilanjutkan dengan doa yang dibacakan Ipda Taufik Simanullang.
Kaporles Tapsel AKBP Roman Smaradhana Elhaj, SH, SIK, MH dalam kata sambutannya menyampaikan selamat datang dan terima kasih kepada Tim Ro SDM Polda Sumut di Polres Tapsel yang sudah berkenan datang langsung ke kediaman Polres Tapsel ini.
Kedatangan Tim dari Polda Sumut ini dalam rangka Supervisi dan Sosialisasi pembinaan Fungsi SDM untuk Polres Tapsel dan Polres Palas.
Dalam kesempatan itu, AKBP Roman menjelaskan bahwa Polres Tapsel membawahi 2 Kabupaten yaitu Kabupaten Tapsel dan Kabupaten Paluta.
Untuk Kabupaten Tapsel memiliki 15 Kecamatan 36 Kelurahan dan 212 Desa, dan untuk Kabupaten Paluta memiliki 12 Kecamatan 2 Kelurahan dan 386 Desa. Dengan jumlah penduduk Kabupaten Tapanuli Selatan dan Kabupaten Paluta kurang lebih 571.586 Jiwa.
Papar Kapolres lagi, sementara jumlah Personil Polres Tapsel saat ini sebanyak 447 personil dengan rincian Personil Polki 414, Polwan 17, ASN 16 dan PHL 40.
Sedangkan untuk personil yang melaksanakan dikbangspes/dikjur mulai TA 2018 sampai dengan saat ini sebanyak 11 orang.Dan yang belum melaksanakan dikbangspes/dikjur sebanyak 436 orang, dengan jumlah untuk jabatan kosong saat ini sebanyak 17 jabatan.
” Maka dengan adanya kegiatan Biro SDM Polda Sumut ini, kami mohon saran, masukan dan bimbingan dari Bapak Kabagdalres Ro SDM Polda Sumut dan Tim menindak lanjuti kinerja Polres Tapsel maupun Polres Palas khususnya pada Bagsumda dalam melaksanakan tugas sehari-hari,” ucap AKBP Roman.
Kabagdalres Ro SDM Polda Sumut AKBP Hendry Posma Lubis, SIK, MH selaku Ketua Tim Ro SDM Polda Sumut mengucapkan Terimakasih kepada Kapolres Tapsel dan Tim yang telah menyambut Biro SDM Polda Sumut dengan baik di Wilayah Hukum Polres Tapsel ini.
Adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah guna melihat dan meninjau serta memberikan layanan dan bantuan dari Biro SDM Polda untuk meningkatkan/percepatan Kualitas di Bidang Fungsi SDM serta Kompetensi personil pengemban Fungsi SDM di Satuan Kewilayahan.
Kemudian AKBP Posma memapaparkan Sosialisasi Pembinaan Fungsi Bidang SDM terkait Bagdalpers, bertugas membina dan menyelenggarakan manajemen pengendalian personel yang meliputi penyediaan, seleksi dan pembinaan PNS Polri.
Bagbinkar, bertugas membina dan melaksanakan manajemen pembinaan karier personel, yang meliputi kepangkatan, pelaksanaan asesmen, mutasi serta pengangkatan dan pemberhentian dalam jabatan.
Bagwatpers, bertugas melaksanakan kegiatan pembinaan rohani, jasmani, pemberian tanda kehormatan, administrasi pengakhiran dinas, pemberhentian dan pengaktifan kembali, penyaluran bagi Pegawai Negeri pada Polri serta membantu pengembangan museum dan kesejarahan Polri.
Bahgpsikologi, bertugas membina dan melaksanakan fungsi psikologi, yang meliputi psikologi kepolisian dan personel dalam rangka pembinaan personel dan mendukung pelaksanaan tugas operasi kepolisian. Dalam melaksanakan tugasnya, Bagpsi menyelenggarakan fungsi pelaksanaan psikologi kepolisian dan personel untuk mendukung tugas operasi kepolisian.
Dan Registrasi Personil pada Aplikasi E – Yanpsi. Kegiatan diakhiri dengan pendalaman Supervisi Bidang SDM untuk Personil Polres Tapsel dan Polres Palas. (t/bn)

Diberdayakan oleh Blogger.