Sungai Batu Gaga Parapat Meluap, Pemukiman Warga dan Jalinsum Parapat Banjir - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Sungai Batu Gaga Parapat Meluap, Pemukiman Warga dan Jalinsum Parapat Banjir

Parapat Banjir

Bicaranews.com|Parapat - Pemukiman warga dan Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Sisingamangaraja Parapat tergenang banjir luapan Sungai Batu Gaga Parapat Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Simalungun, Kamis (13/5/2021).

Akibat luapan air, arus lalulintas di Jalinsum Sisinganangaraja Parapat-Pematangsiantar dan sebaliknya sempat terganggu karena air bercampur lumpur mengalir dari badan jalan. 

"Kurang lebih tiga jam intensitas hujan di Kota Wisata Parapat tinggi. Sekira 15.20 Wib volume air di Sungai Batu Gaga telah meningkat hingga Jembatan Jalan Sisingamangaraja tidak sanggup menampung volume air sehingga meluap ke pemukiman warga sekitar sungai dan Jalan Sisingamangaraja seperti sungai," terang warga Parapat A Sembiring.

"Kejadian tidak memakan korban jiwa dan Forum  Komunikasi Pimpinan Kecamatan Girsang Sipangan Bolon saat ini telah berupaya untuk  membantu masyatakat untuk membersihkan lumpur dari dalam rumah warga dan dari badan Jalinsum Sisingamangaraja," katanya.

Camat Girsang Sipangan Bolon Maruwandi Y Simaibang menyampaikan,  Sungai Batu Gaga Parapat saat ini meluap, satu unit rumah warga di sekitar sungai rusak berat dan puluhan rumah warga lainnya masuk air bercampur lumpur.

"Dalam kejadian tersebut tidak ada korban, jiwa, namun satu rumah rusak berat akibat dorongan arus air bercampur lumpur serta Jalinsum Sisingamangaraja Parapat banjir hingga menganggu arus lalulintas. Saat ini air sudah surut dan proses pembersih jalan," ujarnya Maruwandi. (t/hsib/bn)

Diberdayakan oleh Blogger.