Bupati Deliserdang Lepas Ekspor Perdana Keripik Singkong ke Korsel - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Bupati Deliserdang Lepas Ekspor Perdana Keripik Singkong ke Korsel

Ekspor Keripit Singkong

Bicaranews.com|Tanjungmorawa - Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan melepas ekspor perdana keripik singkong ke negara Korea Selatan (Korsel) dari Pusat Pengembangan Produk Unggulan Daerah (P3UD), Tanjungmorawa, Kamis (28/1/2021).

Pelepasan itu ditandai dengan pemecahan kendi, sebelum beberapa truk kontainer berisikan keripik singkong dilepas. Kemudian ditandai dengan penyerahan Penyerahan SK Pengesahan Kemenkumham ke pelaku usah opak.

Dalam sambutannya, Ashari mengaku sangat bersyukur dan bangga pada acara itu. Sebab ia diingatkan kembali pada 5 tahun lalu diundang ke istana untuk mengantarkan pelaku usaha keripik singkong bernama Mahmudi. 

"Bapak Mahmudi ini sudah lama melakukan ekspor keripik namun masih menggunakan perusahaan orang lain. Tapi kali ini bapak itu sudah memiliki PT Kreasi Lutvi Sejahtera untuk ekspor ke luar negeri dan luar Sumatera Utara berkat bantuan Disperindag Deliserdang dan Sumut serta bantuan bea cukai dan lain-lain," kata Ashari.

Dijelaskan, Mahmudi diundang ke istana oleh Presiden RI Joko Widodo karena produk unggulan Deliserdang yaitu keripik singkong. Untuk itu ia berharap agar ada lagi-lagi Mahmudi yang lain agar dapat diundang ke istana dalam memajukan pelaku UMKM dan IKM serta industri rumah tangga.

Kadis Perindag Deliserdang,  T Zaki Aufa dalam laporannya mengatakan kegiatan ini adalah pelepasan ekspor kerupuk singkong dari produk unggulan Deliserdang dari PT Kreasi Lutvi.

Diketahui katanya Mahmudi selalu ekspor ke luar negeri namun menggunakan PT orang lain. Mereka disebut sudah ekspor 6 tahun, tetapi baru kali ini menggunakan PT sendiri dan dilangsungkan acara pelepasan.

"Kami bantu beliau pak Bupati, akhirnya bapak itu memiliki perizinan sendiri untuk melakukan ekspor keripik ke Korea Selatan. Selain itu Ke Lampung dan Jakarta serta Jatim," tandas Zaki.

Sementara Mahmudi mengungkapkan perasaan syukur atas bantuan untuk perusahannya. Diharapnya sebagai owner PT Kreasi Lutvi agar jangan hanya Mahmudi yang dibantu. Sebab masih banyak yang lain pelaku UKM yang perlu dibantu untuk memajukan usahanya.

Hadir pada acara itu Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Deliserdang, Hj Yunita Ashari dan Hj Sri Pepeni Yusuf, Kadis Perindag Sumut Riabil Lubis, Asisten Ekbang Deliserdang Putra J Manalu, Kadis Perindag T Zaki Aufa, Kepala Bappeda Remus H Pardede, Kadistan Kamaluddin Ginting, Kadis Koperasi dan UKM Rabiatul Adawiyah, Kadis Naker Binsar TH Sitanggang, Kadis Kelautan Syarifah Alawiyah dan Plt Kadis Perizinan M Salim serta para Camat. Lalu dari Bea Cukai, perwakilan Bank Sumut, BI, Bank Mandiri pelaku usaha, Karang Taruna dan lainnya.(t/sib/bn)

Diberdayakan oleh Blogger.