Bupati Dairi Tegaskan Agar Seluruh OPD dan Pemerintahan Desa serta Camat untuk Menindaklajuti Hasil Setiap Rapat Kerja - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Bupati Dairi Tegaskan Agar Seluruh OPD dan Pemerintahan Desa serta Camat untuk Menindaklajuti Hasil Setiap Rapat Kerja

Bicaranews.com|Sidikalang – Pelaksanaan Rapat Kerja Pengawasan Inspektorat dengan Organisasi Perangkat Daerah dan Pemerintahan Desa Kabupaten Dairi di tutup secara resmi oleh Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu pada Kamis (21/1/2021) di Gedung Balai Budaya Sidikalang. 

Dalam arahannya, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan dengan tegas agar seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) dan Pemerintahan Desa serta Camat untuk segera menindaklajuti hasil setiap rapat kerja sehingga setiap program kerja yang telah direncanakan dapat berjalan dengan efektif.
“Jika hasil itu segera ditindaklanjuti, maka visi pembangunan mewujudkan Dairi Unggul yang mensejahterakan masyarakat dalam harmoni keberagaman bisa kita wujudkan,” Katany.
Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dalam penutupan rapat kerja tersebut kembali menekankan bahwa kecepatan para Camat dan unit kerja beserta seluruh aparatnya dalam menjalankan arahan Beliau belum sepenuhnya sesuai dengan apa yang diharapkan.
Oleh karena itu, Bupati Dairi mengharapkan setelah rapat kerja ini selesai maka koordinasi antar unit kerja yang masih lemah dan belum solid agar segera diperbaiki sehingga dalam mewujudkan pembangunan di Kabupaten Dairi dapat berjalan dengan baik.
Beliau mengatakan berdasarkan pengawasan Inspektorat Kabupaten Dairi sebagai APIP melalui Pemeriksaan APBDesa Tahun Anggaran 2020 dan tahun-tahun anggaran sebelumnya, ada beberapa permasalahan secara umum yang ditemukan di lapangan.
Beberapa permasalahan tersebut diutarakan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu diantaranya adalah penetapan Peraturan Desa tentang APBDesa terlambat yang akan berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat desanya masing-masing; Pertanggungjawaban atas penggunaan APBDesa terlambat dan sebagian desa tidak mampu mampu mempertanggungjawabkan APBDesanya yang berpotensi bermasalah hukum dan pada akhirnya akan merugikan masyarakat desa itu sendiri.
“Penerapan aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) belum sepenuhnya optimal, sementara berdasarkan evaluasi yang saya lakukan bahwa Perangkat Desa sudah sangat intens mengikuti pendidikan dan pelatihan Aplikasi Siskeudes baik yang diselenggarakan di Kabupaten Dairi maupun di Luar Kabupaten Dairi,” terang Bupati.
Terkait dengan hal tersebut, Bupati Eddy Keleng Ate Berutu meminta dan tegaskan kepada Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Dairi Drs. Junihardi Siregar, MM serta Para Camat supaya lebih efektif dalam melakukan pembinaan dan pengawasan atas penyelenggaraan Pemerintahan Desa sehingga harapannya seluruh kegiatan-kegiatan APBDesa dapat terlaksana sesuai dengan RPJMDesa masing-masing dan hasilnya dapat diukur serta yang utama adalah bermanfaat kepada masyarakat desa itu sendiri.

Beliau juga menegaskan kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Dairi berkoordinasi dengan para Camat supaya memfasilitasi penyelenggaraan Pemerintahan Desa dalam berbagai hal diantaranya melakukan upaya percepatan pembangunan perdesaan dengan memanfaatkan APBDesa dengan sebaik-baiknya; melakukan peningkatan kapasitas BUMDesa dan lembaga kerja sama antar-desa, sehingga dengan adanya BUMDes dapat memberdayakan masyarakat setempat serta pembinaan dan pemberdayaan pendayagunaan aset desa yang akuntabel.
Turut hadir dalam penutupan rapat kerja tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Dairi Drs. Leonardus Sihotang, Asisten Administrasi Umum Drs. Sudung Ujung, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Charles Bancin, ST, M.AP, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Jonny Hutasoit, S.Sos, Kepala Inspektorat Kabupaten Dairi Budianta Pinem, SE, Ak, M.AP, Camat dan Kepala Desa se-Kabupaten Dairi.(humas/bn)

Diberdayakan oleh Blogger.