Pemukiman Warga Medan Utara Terendam Luapan Air Sungai Deli - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Pemukiman Warga Medan Utara Terendam Luapan Air Sungai Deli

Banjir Medan Utara
bicaranews.com|MEDAN - Luapan air Sungai Deliyang terjadi sejak Jumat (4/12/2020), dinihari hingga sekira pukul 10.45 WIB, ketinggiannya melewati tanggul di areal Taman Maharani, Kecamatan Medan Labuhan.

Kondisi tersebut mengakibatkan, air Sungai Deli dengan sangat deras merangsek kedaratan dan dalam waktu singkat merendam ruas dan badan Jalan KL Yos Sudarso KM 13, Kecamatan Medan Labuhan.

Selain itu, luapan air Sungai Deli juga merendam kawasan pemukiman serta memasuki rumah penduduk yang berada tidak jauh dari bantaran sungai.

"Sekitar setengah jam lalu, air sungai mulai melewati benteng, kemudian dengan sangat deras turun ke jalan dan merendam rumah warga," ujar seorang warga mengaku bernama Rusdi, yang bersama sejumlah warga lainnya terus memantau kondisi debit air Sungai Deli serta mengatur arus lalu lintas di sekitar Persimpangan Jembatan Aloha Kecamatan Medan Labuhan.

Genangan air yang merendam ruas dan badan Jalan KL Yos Sudarso tersebut, juga mengakibatkan arus lalu lintas dari arah Belawan mengarah ke Medan dan sebaliknya mengalami kemacetan.

Pantauan wartawan, selain di Kecamatan Medan Labuhan, luapan air Sungai Deli yang merangsek melalui gorong-gorong juga merendam ratusan rumah warga di kawasan Jalan Datuk Rubiah, Kelurahan Rengas Pulau, Medan Marelan, Jalan KL Yos Sudarso, Titipapan dan kawasan Kelurahan Kota Bangun, Kecamatan Medan Deli.

Sementara itu, puluhan warga tampak berjaga-jaga disepanjang bantaran Sungai Deli untuk memantau perkembangan debit air yang diperkirakan akan terus meningkat karena dorongan dari arah hulu sungai.(sib/bn)



Diberdayakan oleh Blogger.