Plt Kadis Pariwisata Humbahas Positif Covid-19 - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Plt Kadis Pariwisata Humbahas Positif Covid-19

Ilustrasi

Bicaranews.com|Humbahas - Staf Ahli Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik yang juga Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata, Sabar Hasiholan Purba (48), warga Desa Sosor Gonting, Kecamatan Doloksanggul, dikonfirmasi positif virus corona Covid-19.

Selain Sabar, 5 orang lainnya juga dinyatakan positif Covid-19. Seorang di antaranya anak berusia 2 tahun.
Terpaparnya keenam orang itu disampaikan Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Humbahas, Hotman Hutasoit kepada wartawan seperti dilansir hariansib, Senin (23/11/2020).
Hotman menjelaskan, ke-6 orang terkonfirmasi Covid-19 itu diketahui berdasarkan hasil pemeriksaan swab. Saat ini sedang dalam perawatan di rumah sakit dan isolasi mandiri.
Mengenai riwayat penyakit Sabar Purba, Hotman menjelaskan, belakangan diketahui memiliki sakit bagian perut. Dan pada 10 November 2020, Sabar melakukan pemeriksaan di RSU Doloksanggul dan melakukan pemeriksaan USG dengan hasil terdapat batu ginjal dan gangguan lambung.
Dan pada 13 November 2020, Plt Kadis Pariwisata ini mengalami batuk dan dengan inisiatifnya berangkat ke Medan untuk berobat RS Bunda Thamrin Medan.
"Sesuai dengan SOP rumah sakit, maka Sabar dilakukan pemeriksaan swab dengan hasil terkonfirmasi Covid-19. Sekarang kondisi kesehatannya mulai membaik," ujar Hotman.
Menurut Hotman, selain Sabar, 5 orang di antaranya anak berumur 2 tahun juga positif Covid 19. Mereka telah menjalani isolasi mandiri selama 14 hari.
Mereka masing-masing berinisial IH (42) berstatus PNS warga Desa Tapian Nauli Kecamatan Lintongnihuta, DS (72) warga Desa Tipang Kecamatan Baktiraja, MS (36) berstatus PNS, warga Desa Pasaribu Kecamatan Doloksanggul, HH (52) berstatus PNS, warga Desa Aeklung Kecamatan Doloksanggul, dan AM (2) warga Desa Sihite Kecamatan Doloksanggul.
"MS, HH dan AM merupakan kontak erat dengan pasien terkonfirmasi postif Covid 19. Saat ini mereka bertiga melakukan isolasi mandiri dengan kondisi tanpa gejala," terangnya.
Lebih lanjut Hotman menyampaikan, terkait terkonfirmasinya ke-6 orang itu, Dinas Kesehatan dan Puskesmas setempat telah melakukan tracking, treatmen dan testing terhadap kontak erat pasien terkonfirmasi positif Covid-19.
"Untuk itu Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan mengimbau seluruh lapisan masyarakat untuk selalu waspada, saling menjaga, saling mengingatkan dan menegakkan protokol kesehatan dalam setiap aktivitas sehari-hari demi keselamatan bersama," harapnya.
Sesuai Peta Pemantauan Covid-19 Kabupaten Humbahas, hingga Sabtu (21/11/2020), pukul 16.00 WIB, jumlah terkonfirmasi Covid-19 di Humbahas sebanyak 58 orang, suspek 1 orang, kontak erat 51 orang, pelaku perjalan 399 orang, discarded 188 orang, selesai isolasi 38 dan kematian nihil. (*)
sumber: hariansib

Diberdayakan oleh Blogger.