KABAR DUKA - Mantan Uskup Agung Medan Mgr Anicetus AB Sinaga Dikabarkan Wafat di RS Elisabeth Medan - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

KABAR DUKA - Mantan Uskup Agung Medan Mgr Anicetus AB Sinaga Dikabarkan Wafat di RS Elisabeth Medan

Bicaranews.com|Medan - Mantan Uskup Agung Medan yang kini menjabat Administrator Apostolik Keuskupan Sibolga Sumatera Utara, Mgr. Anicetus Bongsu Antonius Sinaga, OFMCap dikabarkan wafat di RS Santa Elisabeth Medan, Sumatera Utara, pada Sabtu (7/11/2020) sekira pukul 18.00 WIB.

Kabar meninggalnya Uskup Mgr Anicetus AB Sinaga ini turut disampaikan di grup-grup WhatsApp keluarga umat Katolik.

"Saudara pendengar yang terkasih, tepat pada pukul 18.00 wib, waktu dimana kita selalu mengenangkan Malaikat Tuhan menyapa Bunda Maria, Uskup yang kita cintai, Mgr. Anicetus Bongsu Sinaga, menghadap Sang Pencipta.

Kita berdoa kiranya jiwanya berkenan pada Allah.

Tuhan yang memberi, Tuhan yang mengambil. Terpujilah Nama Tuhan." Demikian pesan di Grup WhatsApp.

"Berita dukacita! Telah meninggal dengan tenang Mgr Anicetus B Sinaga, OFM Cap Administrator Apostolik Keuskupan Sibolga, tadi sore sekitar pukul 18.00 WIB di RS Elisabeth Medan. Marilah kita umat Keuskupan Sibolga berdoa untuk keselamatan jiwa Mgr dan semua rencana pemakaman berjalan lancar. Informasi selanjutnya, akan dikeluarkan ordinariat Keuskupan Sibolga dan Uskup Agung Medan," tulis postingan akun Facebook Keuskupan Sibolga, Sabtu 7 November 2020, pukul 18.30 WiB.

Hingga berita ini ditayangkan, masih mengkonfirmasi secara resmi ke pihak RS Elisabeth Medan maupun dari pihak Keuskupan Agung Medan.

Sebagaimana dalam pemberitaan beberapa media sebelumnya, Mgr Anicetus B Sinaga dinyatakan positif Covid-19 setelah melakukan pemeriksaan swab.

Selain itu, Pastor Alboin Simatupang, yang menemani Mgr Anicetus Sinaga ke Medan, juga terpapar virus Corona.

Menanggapi keadaan tersebut, Sekjen Keuskupan Sibolga Pastor Blasius Yesse memohonkan doa-doa dari para umat.

"Doa-doa kita adalah obat bagi semua orang yang menderita sakit," ujar Pastor Blasius dan diteguhkan oleh Minister Provinsial Kapusin Sibolga Pastor Josep Sinaga saat dikonfirmasi pada Senin (19/10/2020) malam.

Dia juga menyampaikan bahwa siapa saja yang kontak erat dengan Mgr Anicetus B Sinaga dan Pastor Alboin Simatupang agar segera melakukan isolasi mandiri.

"Bagi para saudara-saudari yang berkontak langsung dan dekat dengan Bapak Uskup dan Pastor Alboin dalam beberapa hari terakhir ini, sekurang-kurangnya satu minggu sebelum hari ini, Senin (19/10/2020)," lanjutnya.

Ia pun menyarankan bila perlu memeriksakan diri ke dokter.

"Kami sarankan untuk mengadakan isolasi mandiri dan bila perlu melakukan pemeriksaan kesehatan ke fasilitas kesehatan atau dokter," sambungnya.

Lebih lanjut, dia berharap agar masyarakat tetap jalankan protokol kesehatan.

"Marillah kita menjaga kesehatan kita, dengan masing-masing memperhatikan protokol kesehatan yang berhubungan dengan Covid-19," lanjutnya

"Demikianlah kami sampaikan, sekali lagi marilah kita berdoa bagi Bapak Uskup, Pastor Alboin, dan semua saudara kita yang menderita sakit dipulihkan kesehatannya oleh Tuhan," pungkasnya.

Sekilas terkait Uskup Mgr. Anicetus Bongsu  Antonius Sinaga, O.F.M. Cap. (lahir di Naga Dolok, Tapian Dolok, Simalungun, Sumatra Utara, 25 September 1941; umur 79 tahun) adalah Uskup Gereja Katolik Roma untuk Keuskupan Agung Medan periode 12 Februari 2009 hingga pensiun pada 8 Desember 2018. 

sumber:tribun

Diberdayakan oleh Blogger.