Longsor Timbun Akses ke Dusun Bangun Dolok Parapat, Aktifitas Warga Lumpuh Total - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Longsor Timbun Akses ke Dusun Bangun Dolok Parapat, Aktifitas Warga Lumpuh Total

TERTIMBUN: Akses menuju Dusun Bangun Dolok Kelurahan Parapat Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Simalungun tertimbun material longsor, Minggu (12/7/2020).(Foto:Dok)

Bicara News|Parapat - Akibat tingginya curah hujan, akses menuju Dusun Bangun Dolok, Kelurahan Sipangan Bolon Simalungun lumpuh akibat tertimbun material longsor dari perbukitan.
Informasi yang dihimpun dilapangan dari warga sekitar, terdapat 10 titik badan jalan yang tertimbun longsor akibat hujan deras pada Sabtu (11/7/20202) malam sekitar pukul 20.15.
"Hujan deras hanya sekitar dua jam malam itu, perbukitan di sepanjang 1.5 Kilometer tepat di pinggir jalan menuju Dusun Bangun Dolok Kelurahan Parapat longsor hingga menimbun 10 titik ruas jalan dengan volume bervariasi," ungkap warga bermarga Manik, Minggu (12/7/2020).
Diterangkannya, akibat kejadian tersebut aktifitas warga, baik menuju ke dan dari Dusun Bangun Dolok saat ini lumpuh total termasuk dalam pelaksanaan ibadah di Gereja HKBP Bangun Dolok, Methodis dan sembahyang di Vihara karena seluruh material batu bercampur tanah hingga saat ini belum dapat dievakuasi dengan cara manual.
"Saat ini para warga sedang berupaya bergotong-royong memindahkan material dengan alat-alat pertanian dengan cara manual. Kita tetap berupaya memindahkan tanah dan bebatuan dari badan jalan, namun butuh waktu lama karena volume material yang menimbun badan jalan sangat banyak," ujar Manik.
Manik berharap agar pemerintah maupun pihak swasta dapat membantu menyediakan alat berat untuk mengevakuasi material longsoran di 10 titik ruas badan jalan yang tertimbun longsoran agar akses warga kembali normal.(*)
Diberdayakan oleh Blogger.