Seribuan Guru Honorer di Kota Medan Belum Terima Uang Insentif

Seribuan Guru Honorer di Kota Medan Belum Terima Uang Insentif

Hendri
By -
0



Pemko Medan

Bicaranews.com| MEDAN - Seribuan guru honorer di Kota Medan belum menerima uang insentif dari Pemko Medan.


Uang insentif tersebut merupakan program Pemko Medan yang sudah berjalan sejak dua tahun lalu.


Namun akhir-akhir ini, Pemko Medan sering telat membayarkan uang insentif seribuan guru honorer di Kota Medan.


Hal itu diketahui dari seorang guru Honorer di salah satu SD Kecamatan Medan Deli bernama MR.


Menurut MR, ini kali pertama uang insentif guru terlambat di bayar. Terhitung ada empat bulan uang insentif belum dibayar Pemko Medan.


"Sebenarnya kemarin uang insentif telat cair sejak bulan April. Tapi, bulan Januari-Maret sudah dibayarkan beberapa hari lalu," jelasnya Minggu (5/5/2024).


Dikatakan MR, saat ini tinggal satu bulan lagi uang insentif yang belum dibayarkan Pemko Medan kepada seribuan guru honorer.


"Tinggal bulan April belum dibayar. Padahal beberapa tahun kemarin uang insentif tidak pernah telat. Ini kali pertama dan cukup lama proses pembayarannya," ucap MR yang bekerja sebagai guru honorer sejak tahun 2017.


Diceritakannya, seribuan guru honorer ini merasa sedih saat Lebaran Idul Fitri kemarin. Sebab, pihaknya dijanjikan akan dibayar sebelum lebaran. Tetapi, hingga Lebaran lewat tak ada satupun uang insentif yang cair.


"Sebenarnya jumlah besaran insentif yang kami terima itu tergantung lama mengajar. Kalau saya itu seharusnya terima Rp 800 ribu tiap bulan. Tapi di potong pajak jadi Rp 750 ribu yang saya terima setiap bulan," katanya.


Dengan adanya uang insentif ini, diakui MR cukup membantunya dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.


"Apalagi, saya seorang diri untuk menghidupi anak-anak. Jadi uang insentif ini selalu kami tunggu. Apalagi, uang insentif ini masuk ke rekening langsung," jelasnya


Keluhan terlambatnya uang insentif ini, sudah pernah di bawa mereka ke pihak DPRD dan Disdik Medan.


"Setahu saya, ketua-ketua kami sudah menghadap mereka (Disdik dan DPRD) tapi hasilnya kami tetap disuruh sabar. Tidak ada pergerakan lanjutan," jelasnya.


"Kami juga terkejutlah ini. Karena tahun 2024 ini aja uang insentif kami gak cair-cair sampai berapa bulan. Jadinya kami bertanya-tanya," ucapnya.


Untuk itu, MR dan seluruh guru honorer berharap agar uang insentif mereka segera dibayar Pemko Medan.


"Karena, uang insentif ini sangat membantu kami para  guru honorer untuk memenuhi kebutuhan hidup," jelasnya.


Terkait terlambatnya pembayaran insentif guru honorer, masih berupaya konfirmasi ke Dinas Pendidikan Kota Medan. (Trib/Bn) 


Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)