Bupati Toba Tinjau Perbaikan Jalan di Daerah Terpencil

Bupati Toba Tinjau Perbaikan Jalan di Daerah Terpencil

Hendri
By -
0



Bupati Toba

Bicaranews.com | TOBA - Usai melaksanakan ibadah Minggu (19/5/2024) di Gereja HKBP Dolok Nauli 2 Ressort Judika di Desa Lumban Rau Utara, Kecamatan Nassau, Kabupaten Toba, Poltak Sitorus didampingi Sekda Augus Sitorus, Plt. Kadis PUTR Sofyan Sitorus, Kasatpol-PP Heryanto Butarbutar dan Camat Habinsaran meninjau perbaikan jalan menuju Desa Lumban Lintong, Kecamatan Habinsaran. 


Ruas Parsoburan-Lumban Balik-Lumban Lintong-Sibuntuon sepanjang 32 Kilometer merupakan jalan menuju 7 desa, yakni Desa Lumban Balik, Lumban Gaol, Lumban Lintong, Panamparan, Pararungan, Sibuntuon dan Pagar Batu. Selama ini kondisi jalan menuju 7 desa yang ada di kaki bukit Dolok Surungan tersebut terkesan kurang perhatian dari pemerintah. Tidak jarang jalan menuju 7 desa itu putus akibat longsor. 


"Selama ini jalan ini kurang diperhatikan, tetapi saat ini kita berikan perhatian khusus ke daerah-daerah terpencil ini," kata Poltak Sitorus disela kunjungannya memantau perbaikan jalan tersebut. 


Sepanjang perjalanan, dirinya sering kali turun dari mobil dinas yang dia naiki dan berjalan menyusuri jalan tersebut hingga beberapa ratus meter, sembari memperhatikan sisi kiri dan kanan jalan, terkhusus di beberapa titik yang memang rawan longsor. 


Dirinya juga menjelaskan, sudah satu bulan lebih Pemkab Toba menempatkan alat berat khusus untuk memperbaiki jalan tersebut, termasuk melakukan pelebaran."Jalan ini ada sepanjang 32 Kilometer dari Parsoburan. Saat ini kita lakukan perbaikan dulu sepanjang 7 Kilometer, 1 bulan ini alat kita sudah ada di sini dan inilah hasilnya," jelasnya. 


"Tadinya ini sudah putus karena longsor, jadi terpaksa kita ambil dari sisi kanan ini, kita lebarkan 2,5 meter lagi," lanjutnya menunjuk bagian jalan yang longsor. 


Kepala Desa Lumban Lintong, Rommel Sitorus menyampaikan rasa terimakasih tak terhingga atas hadirnya alat berat dari Pemkab Toba untuk memperbaiki jalan menuju desa mereka. 


"Kami merasa sangat-sangat bersyukur atas kehadiran Pemkab di sini. Kalau kami bilang jalan ini 'sudah martimus', sangat baik. Kami bersyukur dan terimakasih kepada Pak Bupati," katanya. 


Ungkapan hampir sama juga disampaikan oleh Kepala Desa Lumban Gaol, Matio Silaen. Menurutnya, hadirnya alat berat sejak sebulan terakhir ini memberi dampak besar terhadap perbaikan jalan menuju desa mereka. 


"Sebelumnya jalan ini sangat susah, ada yang longsor, ada yang putus. Jadi selama satu bulan lebih alat berat Pemkab di sini, ada ini pelebaran jalan sekitar 500 meter dan selebihnya ada yang penimbunan jalan berlubang, termasuk pembersihan di sisi kiri-kanan jalan," pungkasnya. 


Meski demikian, dirinya tetap berharap ke depan Pemkab Toba bisa memberikan perhatian lebih serius lagi untuk 7 desa tersebut. 


"Ya harapan kami ke depan bisa lebih diperbaiki lagi. Mungkin lapen, ya kalau bisa hotmix lebih baik lagi," pintanya langsung kepada bupati. "Doakanlah ya kita bisa lanjutkan perbaikan jalan ini," kata Bupati menimpali dengan raut senyum. 


Usai meninjau perbaikan jalan tersebut, Poltak Sitorus bersama rombongan melanjutkan perjalanan menuju Desa Lumban Lintong dan bersilaturahmi dengan warga dari 7 desa yang ada di daerah tersebut. (MC Toba/David)

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)