Cegah Barang Terlarang Masuk Kedalam Lapas, Petugas Lapas Siborongborong dan Personil Koramil Perketat Pemeriksaan

Cegah Barang Terlarang Masuk Kedalam Lapas, Petugas Lapas Siborongborong dan Personil Koramil Perketat Pemeriksaan

Hendri
By -
0



Rutan Siborongborong

Bicaranews.com | SIBORONGBORONG - Pastikan barang yang masuk kedalam Lapas Siborongborong Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Utara bebas dari barang terlarang, petugas dan personel Koramil Siborongborong melakukan pemeriksaan pada barang yang dibawa oleh pengunjung kedalam Lapas Siborongborong. Senin (15/4/2024). 


Bertempat di layanan kunjungan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Siborongborong para tamu atau keluarga dari Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) melakukan pendaftaran secara bergantian. Kedatangan mereka tersebut biasanya membawa barang-barang kebutuhan sehari-hari seperti makanan, pakaian dan kebutuhan lainnya.

 

Layanan kunjungan tatap muka bagi WBP di Lapas Kelas IIB Siborongborong, dilaksanakan dengan tetap melaksanakan prosedur pengawasan yang ketat. Sebelum pengunjung bertemu dengan warga binaan, maka petugas akan melakukan penggeledahan terlebih dahulu terhadap badan dan barang bawaan tersebut untuk memastikan barang-barang bawaan tersebut steril atau tidak ada barang barang terlarang masuk ke dalam Lapas.

 

Pengunjung yang membawa alat komunikasi seperti handphone harus menitipkannya terlebih dahulu di loker penitipan yang telah disediakan oleh petugas, dimana kunci loker tersebut dipegang oleh pengunjung yang bersangkutan. Hal ini untuk memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan kepada pengunjung yang menitipkan handphone tersebut.


Kepala Lapas Siborongborong Krisman Ziliwu menegaskan kepada para petugas untuk mencegah masuknya Narkoba dan barang terlarang lainnya yang dapat mengganggu  keamanan dan ketertiban didalam Lapas. Sebagai komitmen bahwa Lapas Siborongborong bebas dari peredaran Narkoba.


“Kepada para petugas yang tetap semangat mengemban tugas walaupun dihari libur cuti bersama Hari raya Idul Fitri agar senantiasa cermat dan teliti dalam penggeledahan badan dan barang mengingat lonjakan pengunjung dihari libur hari raya ini semakin tinggi. Terutama untuk barang terlarang seperti Handphone, gunting, pisau, benda-benda yang dianggap dapat dijadikan alat untuk melakukan perbuatan-perbuatan di luar aturan apalagi narkoba” Pungkasnya.

 

Kemudian pengunjung diarahkan oleh petugas ke ruangan besuk atau layanan kunjungan sembari memberitahukan tentang aturan dan tata tertib yang harus di ikuti oleh setiap pengunjung antara lain, lamanya waktu berkunjung, menjaga kebersihan dan menjaga sopan santun selama berkujung.

 

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Siborongborongng, menjelaskan “Petugas Lapas Siborongborong selalu bersikap waspada terhadap segala kemungkinan dan tetap menunjukkan sikap yang baik dan ramah dalam memberikan informasi-informasi yang dibutuhkan oleh warga binaan dan keluarganya. Semua itu dilakukan dalam rangka untuk meningkatkan kepercayaan dari masyarakat sehingga dapat mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih (good and clean government),” ucapnya. (Humas Lapas/David)

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)