10 Lurah Nakal di Medan Kepergok Sering Naikkan Harga Bahan Pokok pada Progam Pasar Murah

10 Lurah Nakal di Medan Kepergok Sering Naikkan Harga Bahan Pokok pada Progam Pasar Murah

Hendri
By -
0



10 Lurah naikan harga di pasar murah

Bicaranews.com | MEDAN - Kepala Dinas Koperasi Usaha Menengah Kecil Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (KadiskopUMKMPerindag) Medan, Benny Iskandar mengatakan, ada sepuluh lurah yang kedapatan berulang kali menaikkan harga bahan pokok pada program pasar murah.


Dijelaskan Benny, alasan sepuluh lurah tersebut menaikkan harga bahan pokok, untuk biaya transport dan honor yang bertugas pada kegiatan pasar murah.


Sepuluh lurah tersebut ketahuan menaikkan harga bahan pokok pada saat program pasar murah perayaan hari besar Puasa dan Lebaran.


"Selama ini kita salurkan pasar murah ini di 151 kelurahan. Ternyata dalam program ini ada lurah yang nakal. Alasan mereka menaikkan harga untuk uang operasional. Sebenarnya hal itu tidak boleh dilakukan," jelasnya, Rabu (17/4/2024).


Dikatakan Benny, seluruh lurah telah diberikan Surat Edaran (SE) untuk tidak menaikkan harga bahan pokok yang telah ditetapkan di pasar murah.


"Namun SE tersebut tidak diindahkan. Makanya permasalahan ini kita serahkan ke Inspektorat Medan," ucapnya.


Disinggung, sepuluh lurah tersebut dari kelurahan mana saja, Benny enggan menjawab.


"Kalau lurahnya yang mana, itu urusan Inspektorat lah. Karena nanti, inspektorat yang akan melakukan pemanggilan," ucapnya.


Saat ini, Inspektorat sedang dalam tahap pembuatan surat pemanggilan terhadap 10 lurah yang bermasalah tersebut.


Meski sudah ada kecurangan dalam pasar murah tersebut, Benny mengaku tetap akan melanjutkan program tersebut


"Untuk sistemnya bagaimana ke depan agar tidka terjadi kecurangan, kita menunggu arahan pak Wali. Tapi pastinya pasar murah ini akan tetap berjalan. Karena antusias masyarakat cukup tinggi untuk membeli bahan pokok di pasar murah," ucapnya


Disinggung apakah ada rencana pemindahan pasar murah itu di tingkat kecamatan atau Diskopukmperindang langsung, Benny mengaku, belum mengetahuinya.


"Tapi kalau Dinas yang membagikan langsung itu mustahil. Karena yang tahun warga nya itu di tingkat kelurahan," ucapnya.


Sementara itu, Wali Kota Medan Bobby Nasution menyampaikan permintaan maaf kepada warga. Sebab ada anak buahnya yang menaikkan harga bahan pokok di Pasar Murah Medan.


Dikatakan Bobby Nasution, pihaknya akan menindak tegas pihak kelurahan yang menaikkan harga bahan pokok di Pasar Murah.


"Saya memohon maaf kepada warga Medan atas ketidaknyamanan saat belanja di pasar murah," ucapnya.


Berdasarkan keluhan warga, kata Bobby ada sepuluh warga yang melaporkan langsung ke akun instagram Wali Kota Medan Bobby Nasution.


"Dalam beberapa hari ke depan sepuluh lurah tersebut akan dipanggil," tegasnya. (Tri/Bn)


Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)