Siapa Pilihan Mu? Ini Nama Digadang-gadang Maju di Pilkada Humbahas

Siapa Pilihan Mu? Ini Nama Digadang-gadang Maju di Pilkada Humbahas

Redaksi
By -
0

Pemkab Humbahas

Bicaranews.com | HUMBAHAS - Meski Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara resmi belum mengumumkan hasil Pemilu serentak Pilpres dan Pileg, namun sejumlah partai politik di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) sudah mulai bersiap untuk menghadapi Pilkada.


Sesuai hasil rekapitulasi KPU Humbahas, hanya Partai Golkar yang sudah memastikan tiket untuk bisa mengusung calon sendiri di Pilkada Humbahas dengan perolehan 9 kursi. Artinya raihan kursi partai beringin sudah di atas 20 persen atau lebih dari 6 kursi dari jumlah 30 kursi DPRD Humbahas.


Sementara partai lainnya, yaitu Partai Hanura yang berada di posisi kedua dengan raihan 5 kursi belum bisa mengusung calon sendiri dan harus berkoalisi dengan partai lain, karena masih kurang 1 kursi lagi.


Begitu juga dengan Partai NasDem yang berada di posisi ketiga dengan raihan 4 kursi juga belum dapat mengusung calon sendiri dan harus berkoalisi dengan partai lain, artinya masih kurang 2 kursi lagi.


Sama halnya dengan partai lainnya yang memperoleh kursi di DPRD Humbahas yaitu Partai Perindo (3 kursi), Partai Gerindra (3 kursi), PDIP (2 kursi), PSI (1 kursi), PAN (1 kursi), PKB (1 kursi) dan Partai Demokrat (1 kursi) juga harus berkoalisi agar bisa mengusung calon bupati/wakil bupati.


Berkaca dari perolehan kursi DPRD itu, sejumlah nama sudah mulai digadang-gadang bakal meramaikan bursa calon bupati/wakil bupati di Pilkada Humbahas. Beberapa di antaranya sudah terlihat melakukan pendekatan dan loby-loby politik untuk mendapatkan tiket menuju Humbahas satu.



Adapun nama-nama yang santer beredar bakal berebut kursi Humbahas satu di antaranya, Lamhot Sinaga, anggota DPR RI periode 2019-2024 dari Partai Golkar, Dr Oloan Paniaran Nababan yang juga Wakil Bupati Humbahas, Ketua DPC PDIP Humbahas, Ir Harry Marbun yang juga Ketua DPD II Partai Golkar Humbahas.


Kemudian ada Irwan Simamora, yang saat ini duduk sebagai anggota DPRD Provinsi Sumut dari Partai Hanura dan sudah mengamankan untuk duduk kembali di kursi DPRD Provinsi Sumut dan juga sebagai Ketua DPC Partai Humbahas Hanura. Selanjutnya, Hendri Tumbur Simamora yang juga Ketua DPC Partai Gerindra Humbahas dan salah satu caleg dari Partai Gerindra Dapil I Humbahas dan bakal duduk di DPRD Humbahas.


Ada juga Ketua DPD Partai NasDem Humbahas Ir Yanto Sihotang yang dikenal sebagai pentolan kotak kosong saat melawan calon tunggal bupati/wakil bupati di Pilkada Humbahas tahun 2020 lalu.


Selain itu, ada juga Pantur Banjarnahor, abang kandung Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor yang saat ini duduk sebagai anggota DPRD Provinsi Sumut dari PDIP dan diprediksi bakal duduk kembali di kursi DPRD Provinsi Sumut.


Berikutnya, Jhonny Allen Marbun, mantan anggota DPR RI Partai Demokrat, Dr Pardomuan Simanullang, mantan Camat Doloksanggul Sadar Sinaga dan Rebekka Lumban Batu, satu-satunya srikandi yang diprediksi ikut bertarung di Pilkada Humbahas.


Harry Marbun saat dikonfirmasi awak media via selulernya, Rabu (6/3/2024), menegaskan dirinya siap untuk maju di Pilkada Humbahas. "Sebagai kader partai, kita siap menerima perintah DPP saja," kata Harry dikutip dari hariansib.


Dia juga mengatakan, sesuai dengan arahan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, sebelum Pemilu 2024, untuk daerah yang berhasil dengan persentase hasil yang luar biasa, akan memberikan prioritas bagi kadernya untuk maju dalam kontestasi Pilkada 2024.


"Kita tunggu saja penetapan KPU untuk Paslon Bupati/Wakil Bupati untuk Kabupaten Humbang Hasundutan," katanya.


Terpisah, Wakil Bupati Humbahas Oloan Paniaran Nababan mengatakan, walaupun partainya hanya dapat meraih 2 kursi di DPRD sesuai hasil rekapitulasi tingkat kabupaten, dirinya tetap berkeyakinan akan ikut maju jadi calon Bupati Humbahas.


"Walaupun kita hanya meraih 2 kursi, namun saya tetap optimis akan tetap ikut maju jadi calon Bupati Humbang Hasundutan dan berkoalisi dengan partai lain," ucap Oloan.


Hal yang sama juga disampaikan Irwan Simamora. Dia mengatakan, sebagai putra asli daerah Humbahas dan dengan pengalamannya sebagai anggota DPRD Humbahas selama tiga periode dan hampir satu periode jadi anggota DPRD Provinsi Sumut, dia juga menyatakan akan ikut maju jadi calon Bupati Humbahas dengan membawa slogan "Bersama Membawa Kebaikan".


"Saya siap maju sebagai calon Bupati Kabupaten Humbang Hasundutan," kata alumni Fakultas Hukum Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli itu.


Terpisah, Yanto Sihotang juga menyatakan hal sama akan ikut maju jadi calon Bupati Humbahas dan berkoalisi dengan partai lain yang memiliki kursi di DPRD Humbahas.


"Untuk bisa maju jadi calon Bupati dan Wakil Bupati Humbang Hasundutan, kita hanya butuh dua kursi lagi. Empat kursi sudah kita amankan. Jadi kita wajib berkoalisi dengan partai lain untuk bisa maju. Yang pasti saya menyatakan siap untuk maju jadi calon Bupati Humbang Hasundutan," ucapnya. (**)


Sumber: SIB

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)