PJ Bupati Langkat Kunker Ke PLTU Guna Mempercepat Pemanfaatan Limbah FABA

PJ Bupati Langkat Kunker Ke PLTU Guna Mempercepat Pemanfaatan Limbah FABA

Hendri
By -
0



PJ Bupati Langkat Kunker Ke PLTU Guna Mempercepat Pemanfaatan Limbah FABA
Pemkab Langkat dan Manager PLTU Pangkalan Susu Saat Membahas Limbah FABA

Bicaranews.com | LANGKAT - Pj Bupati Langkat kunjungan kerja ke PLTU Unit bisnis Pembangkitan (UBP) Pangkalan Susu Kabupaten Langkat. Terkait inovasi yang dibuat PLTU P. Susu untuk pemanfaatan limbah Fly Ash Bottom Ash ( FABA) sebagai bahan pembuatan batu bata, Kamis (29/2/2024).


Senior Manager PLTU Pangkalan Susu Yusrizal Zainuddin menjelaskan bahwa, FABA itu sendiri dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengganti pasir dan semen dalam bahan baku pembuatan batu bata maupun sebagai bahan pembuatan jalan rabat beton dan lainnya.


Disisi lain ini akan menguntungkan dari segi ekonomi dan berdampak baik dalam mengurangi limbah jika dilihat dari sisi lingkungan" ucapnya.


"Jika kita kalkulasikan dari segi ekonomi, misalnya dalam anggaran 200 juta bisa menyelesaikan 200 meter jalan beton, dengan menggunakan FABA ini bisa menyelesaikan 400 M jalan beton" tambahnya.


Pj Bupati Langkat Faisal Hasrimy mendorong kepala OPD terkait untuk secepatnya menindak lanjuti kerjasamanya, karena ini berkaitan dengan limbah yang jika dibiarkan dan tidak termanfaatkan akan berdampak ke masyarakat disekitar PLTU.


Oleh karenanya secepatnya kita laksanakan, disatu sisi kita mengurangi dampak buruk terhadap kesehatan masyarakat, disisi lain kita juga membantu perekonomian masyarakat" ucap Pj Bupati Langkat.


H. M. Faisal Hasrimy mengaku Pemkab Langkat akan secepatnya menyusun komposisi yang tepat dan pengujian langsung bahan tersebut.


"Namun setelah pelaksanaan MOu, saya mendorong OPD terkait dalam satu bulan kedepan sudah ada contoh yang dibuat dari limbah FABA ini" tegasnya.

 

Pj Bupati Langkat ingin kembalikan kejayaan Pangkalan Susu di masa kepemimpinannya.


Usaha ini kita jalankan nantinya akan berdampak ke perekonomian masyarakat Pangkalan Susu, sehingga kejayaan Kecamatan Pangkalan Susu dapat kembali" ucapnya.


Dari sini nantinya akan kita dapatkan isu pemberdayaan lingkungan, isu pemberdayaan masyarakat, CSR kita dapatkan. Ini bisa menjadi sebuah sinerji yang sangat baik antara pemerintah Kabupaten Langkat dengan PLTU UBP Pangkalan Susu.


Turut hadir Sekda Langkat H. Amril Nasution, S.Sos. M.Ap dan Kepala Bappeda Rina Wahyuni Marpaung, S.STP, M.AP. Kemudian Kadis PUPR Khairul Azmi, S.STP dan Kadis Perindag Ikhsan Aprija, S.STP, M.Si serta Kasat Pol PP Dameka Putra Singarimbun, S.STP. (Dis/Bn)


Pewarta : H. Simare-mare


Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)