Pj Bupati Langkat Dukung Kerja Sama PA Stabat, Kemenag dan Disdukcapil Langkat

Pj Bupati Langkat Dukung Kerja Sama PA Stabat, Kemenag dan Disdukcapil Langkat

Hendri
By -
0



Pj Bupati Langkat Dukung Kerja Sama PA Stabat, Kemenag dan Disdukcapil Langkat
PJ Bupati Langkat Bersama PA dan Dinas Dukcapil Stabat Saat Audensi di Ruang Kerja Kantor Bupati Langkat, Rabu (13/3/2024)

Bicaranews.com | LANGKAT - Pj Bupati Langkat H.M. Faisal Hasrimy, AP., M.Ap menerima audiensi dari Kepala Pengadilan Agama Stabat bertempat di Ruang Kerja Kantor Bupati Langkat, Rabu (13/3/2024).


Audensi ini bertujuan untuk kerjasama dalam pelayan terpadu sidang isbat nikah, penertiban buku nikah, kartu keluarga dan akta kelahiran untuk perkawinan tidak tercatat masyarakat Kabupaten Langkat.


Hal tersebut Pengadilan Agama Stabat sebagai pelaksana sidang isbat nikah yang selanjutnya bekerja sama dengan Kantor Kementrian Agama Langkat, sebagai pemberi buku nikah sah dan Catatan sipil sebagai bukti admistrasi sudah melaksanakan nikah yang sah yaitu mengeluarkan akta kelahiran dan KK.


Terkait program ini masyarakat yang belum tercatat sah menikah dalam negara dikenakan biaya mandiri sebesar Rp420.000 berlaku untuk seluruh wilayah Kabupaten Langkat.


Evawaty, S.Ag.,M.H selaku Kepala PA Stabat menyampaikan bahwa persyaratan kerjasama tersebut sudah dipersiapkan tinggal menunggu persetujuan dari Pj Bupati Langkat.


"Kami akan membuat MOu antara Pengadilan Agama Stabat, Dinas Dukcapil dan Kemenag Langkat. Semua berkas sudah kami persiapkan tinggal menunggu persetujuan dari bapak PJ Bupati" ucapnya.


Faizal Rizal Matondang, S.Sos, M.AP menjelaskan bahwa dasar kami melakukan kerjasama ini dikarenakan ribuan pasangan di Kabupaten Langkat masih belum melaksanakan nikah secara sah tercatat di Negara.


"Oleh karenanya, pasangan yang belum tercatat sah, sehingga kami punya inisiatif untuk meringankan beban mereka baik dari ekonomi maupun administrasi agar mereka tercatat oleh Negara" ucapnya.


Pj Bupati Langkat H.M. Faisal Hasrimy, AP., M.Ap menyambut dengan sangat baik kerjasama tersebut.


"Ini merupakan hal yang baru, saya sangat mendukung bisa segera terlaksana. Agar mampu menekan angka perceraian yang secara otomatis akan menekan angka kemiskinan dan stunting.


"Nanti akan saya minta Kecamatan untuk mensosialisasikan program ini" tandasnya. (Dis/Bn)


Pewarta : H. Simare - mare


Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)