Kemendagri Soroti 214 Pemda Tidak Berupaya Menangani Inflasi, Langkat Tidak Termasuk

Kemendagri Soroti 214 Pemda Tidak Berupaya Menangani Inflasi, Langkat Tidak Termasuk

Hendri
By -
0



Kemendagri Soroti 214 Pemda Tidak Berupaya Menangani Inflasi, Langkat Tidak Termasuk
Pj Bupati Langkat Menyampaikan Kepada Kepala Dinas bahwa Langkat tidak Termasuk Inflasi

Bicaranews.com | LANGKAT - Pemerintah pusat lewat Kemendagri melaksanakan Zoom Meeting pengendalian inflasi daerah tahun 2024. Peserta rapat diikuti oleh Kabupaten/kota se-Indonesia. Pj Bupati Langkat H. M. Faisal Hasrimy turut mengikuti jalannya kegiatan bersama Asisten Ekbangsos, Inspektur dan beberapa kepala dinas serta kepala bagian bertempat di Ruang Rapat LCC, Senin (25/3/2024).


Ada 6 upaya konkrit penanganan inflasi diantaranya operasi pasar murah, sidak pasar, kerjasama dengan penghasil komiditi, gerakan menanam, merealisasikan BTT, dukungan transportasi dari ABPD. Sehingga pemerintah pusat menyoroti upaya konkrit dalam penanganan inflasi.


Pj Bupati Langkat menyampaikan bahwa Pemkab Langkat telah melakukan upaya-upaya penanganan inflasi sesuai arahan pemerintah pusat.


"Alhamdulillah, Langkat tidak termasuk kedalam 214 Kabupaten/kota tersebut. Kedepannya akan lebih baik lagi dan akan lebih memaksimalkan dalam penanganan Inflasi" ucapnya.


Inspektur Jenderal Kementerian Dalam Negeri Komjen Pol Drs. Tomsi Tohir, M.Si menjelaskan "tinjauan inflasi dan indeks perkembangan harga, minggu ke-3 pada bulan Maret 2024 dan menjelang Idul fitri bulan April 2024.


"Seperti makanan dan pakaian menjadi andil tingginya inflasi pada bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri" ucapnya.


"Komuditi lain yang berpotensi mengalami inflasi menjelang Idul Fitri yaitu minyak goreng, daging ayam ras, telur dan bawang putih" tambahnya.


Komjen Pol Drs. Tomsi Tohir M.Si menjelaskan kelompok transportasi juga selalu mengalami inflasi pada momentum Ramadhan dan Idul Fitri.


"Baik angkutan udara, laut maupun darat, semuanya mengalami kenaikan" ucap Inspektur Jenderal Kementerian Dalam Negeri.


Sementara indeks perubahan harga (IPH) pada minggu ke-3 bulan Maret 2024 ini tergolong stabil dan ini mengalami peningkatan dari bulan lalu. Untuk Sumatera Utara Kabupaten Padang Lawas dan Nias Utara mengalami IPH dengan perubahan 5,57 dan 5,01 % komoditas cabai, beras, daging sapi. (Dis/Bn).


Pewarta : H.Simare-mare


Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)