Kabupaten Langkat Kick Off Program Kontruksi UPSUS Kementerian Pertanian

Kabupaten Langkat Kick Off Program Kontruksi UPSUS Kementerian Pertanian

Hendri
By -
0



Kabupaten Langkat Kick Off Program Kontruksi UPSUS Kementerian Pertanian

Bicaranews.com | LANGKAT - Pj Bupati Langkat dukung program kontruksi UPSUS yang dirancang oleh Kementrian Pertanian. Kegiatan berlangsung di Dusun Sendayan Desa Securai Selatan, Kecamatan Babalan, Kabupaten Langkat, Sabtu (23/3/2024).


Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Langkat Hendrik Tarigan, S.Pt, M.M.A menjelaskan kegiatan optimasi lahan dimaksudkan untuk mengoptimalkan pemanfaatan sawah di lahan rawa.


"Optimalisasi tersebut melalui perbaikan infrastruktur guna meningkatkan indeks pertanian IP dan atau produktivitas padi sawah di lahan rawa dari 1,5 kali panen pertahun menjadi 2,5 sampai 3 kali panen pertahunnya.


"Dimana alokasi oplah Sumatera Utara 2024 semester 1 sebanyak 30.422 Ha, sedangnkan Langkat alokasi 2024 semester 1 seluas 8.200 dan pada kesempatan ini baru 200 Ha yang kita laksanakan" ujar Kadis Pertanian Langkat.


Potensi lahan sawa Kabupaten Langkat dengan luas sawah 20.009 Ha, dimana lahan tada hujan (Rawa) 12.488 Ha/62, 41% sedangkan Irigasi Non Rawa seluas 7,521 Ha/37, 59 %.


Langkat juga menjadi Kick off optimasi lahan dilaksanakan pada 2 kelompok tani seluas 200 Ha, Dimana 2 kelompok tani diantaranya kelompok tani jaya (Pekan gebang) luas Hamparan 50 Ha dan kelompok tani Baru (Pasar Rawa) Luas Hamparan 150 Ha. Item pekerjaan pembuatan pintu air 2 unit dan normalisasi saluran sepanjang 6.577 M.


Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara H. Rajali, S.Sos, M.SP  memaparkan bahwa, tahun 2023 lalu telah di laksanakan survei investigasi desain (SID) optimasi lahan rawa seluas 1.650 Ha di 11 Kabupaten.


Dimana, pelaksanaan konstruksi akan dikerjakan secara swakelola oleh IPL (TNI) dan pengelolaan lahan dikerjakan oleh kelompok tani penerima di tahun 2024 ini.


"Salah satu alokasi kegiatan optimasi lahan rawa tersebut ada di Kabupaten Lngkat seluas 200 Ha" ucap Rajali.


Pj. Bupati Langkat H.M.Faisal Hasrimy , AP, M.AP menyampaikan keseriusannya untuk melaksanakan apa yang menjadi program nasional. Apapun kedepannya program nasional yang di perintahkan di Langkat ini akan kami laksanakan.


"Rasa bangga saya kepada pemerintah pusat dengan apa yang dilakukan pada hari ini merupakan kegiatan yang mulia, memberikan bukti kepada para petani. Kedepannya petani yang IP hanya 1,5 menjadi 2,5 sampai 3 kali setiap tahunnya


Pj Bupati Langkat menekankan kepada masyarakat terkhususnya para petani untuk mendorong dan jaga amanah yang di berikan kepada kita oleh pemerintah pusat.


"Dan nantinya pompa air yang di berikan kepada kita dapat sama-sama kita jaga dan jangan di hak miliki pribadi" tegasnya.


Staf khusus kementrian pertanian RI Dr. Ir. Sam Herodian, MS. IPU, APEC. Eng mengaku sangat senang bisa bertatap muka secara langsung dengan para petani di Langkat.


"Saya akan berikan lagi nantinya yang lebih besar ukurannya dengan harapan kita lebih meningkat IP/pertahunnya.


"Mari kita ucapkan terima kasih kepada bapak Presiden RI yang memberikan tambahan subsidi pupuk dari 4,7 juta ton menjadi 9,5 juta ton tahun ini, demi produksi yang memuaskan serta mensejahterakan bagi para petani di negara kita" ucapnya. (Dis/Bn).


Pewarta : H. Simare - mare


Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)