Komisi Informasi Sumut Coaching Klinik Cegah Sengketa Informasi ke Diskominfo Toba

Komisi Informasi Sumut Coaching Klinik Cegah Sengketa Informasi ke Diskominfo Toba

Hendri
By -
0



Komisi Informasi Sumut Coaching Klinik Cegah Sengketa Informasi ke Diskominfo Toba

Bicaranews.com | TOBA - Cegah terjadinya Sengketa Informasi antara masyarakat dan jajaran Pemkab Toba, Komisi Informasi Sumut gelar Coaching Klinik di Diskominfo  Kabupaten Toba, Rabu (22/2/2024).


Coaching Klinik diberikan langsung Wakil Ketua KI Sumut Eddy Syahputra Sormin di dampingi oleh Ketua Divisi Penyelesaian  Sengketa Informasi Syafi'i Sitorus kepada Kabid Pengelola Informasi dan Komunikasi Publik (PIKP) Diskominfo Toba, Rikardo Simamora.


Eddy Sormin panggilan akrab bagi Komisioner KI Sumut dua periode itu menjelaskan bahwa hal yang paling penting untuk mencegah terjadinya sengketa informasi adalah mempersiapkan SDM Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang mumpuni yakni yang mengerti dan memahami UU No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik serta aturan teknisnya.


Selanjutnya sebut Eddy melaksanakan apa yang diperintahkan dalam UU No 14 Tahun 2008 itu yakni menyiapkan tiga jenis informasi yang mudah diakses masyarakat seperti di website.


"Tiga jenis informasinyang wajib disediakan badan publik itu adalah Informasi yang tersedia setiap saat, Informasi Berkala dan Informasi serta merta," kata Eddy kembali.


Salah satu contoh sebut Eddy adalah dalam waktu dekat ini, pada tanggal 1 sampai 3 Maret 2024 Pemkab Toba akan melaksanakan event Internasional F1 Powerboat Tahun 2024 seluruh informasi kegiatan ini harus tersampaikan ke publik dengan baik agar masyarakat bisa mengetahui tahapan perkembangan kegiatan F1 Powerboat tersebut.


"Selain itu perlu dilakukan penyempurnaan dan peningkatan sarana dan prasarana bagi PPID di jajaran Pemkab Toba agar pelayanan terhadap pemohon informasi bisa lebih baik.


Kabid PIKP Diskominfo Toba, Rikardo  Simamora menegaskan akan menerapkan apa yang sudah disampaikan oleh KI Sumut agar tidak terjadi sengketa informasi di Pemkab Toba.


Rikardo  juga memperlihatkan ruangan PPID Pemkab Toba, ruang Radio Pemkab Toba dan Media Centre Pemkab Toba. (MC Toba/David)

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)