Revitalisasi Stadion Teladan Medan Sudah Tahap Pembongkaran Tribun Barat

Revitalisasi Stadion Teladan Medan Sudah Tahap Pembongkaran Tribun Barat

Hendri
By -
0




Bicaranews.com | MEDAN - Revitalisasi Stadion Teladan, Kota Medan saat ini sudah memasuki tahap pembongkaran tribun penonton bagian barat. 


Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Medan, Damikrot Harahap mengatakan, pihaknya baru saja melakukan peninjauan tahap revitalisasi stadion Teladan bersama Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatra Utara Kementerian PUPR, Deva Kurniawan Rahmadi pada Senin (29/1/2024) malam. 


"Pembongkaran menyisakan tribun penonton di sisi barat. Kalau pembangunan belum dimulai. Masih tahap penghancuran," kata Damikrot Harahap, Selasa (30/1/2024).


Dikatakannya, revitalisasi Stadion Teladan hanya akan di fokuskan ke sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk sepakbola. 


"Revitalisasinya seperti layaknya Stadion Teladan sebelumnya. Jadi hanya fokus untuk sepakbola saja," ucapnya. 


Untuk itu, ia berharap, kepada masyarakat Kota Medan agar menjaga dan memanfaatkan Stadion Teladan sebaik-baiknya, jika nantinya telah selesai di revitalisasi. 


Sehingga kedepannya, dapat melahirkan atlet berprestasi yang dapat membanggakan Kota Medan. 


"Marilah kita manfaatkan dan menjaga Stadion Teladan kota Medan dengab baik. Stadion itu kan kebanggaan kota Medan. Semoga kedepannya bisa melahirkan anak-anak berprestasi dari Kota Medan," pungkasnya. 


Seperti diketahui sebelumnya, Renovasi Stadion Teladan yang tengah dikerjakan akan mengubah stadion yang menjadi home base tim PSMS Medan jauh lebih baik dengan kualifikasi stadion berstandar FIFA


Menurut sejarah, Stadion Teladan selesai dibangun pada tahun 1953 dengan kapasitas 20 ribu orang.


Berdasarkan rencana, renovasi Stadion Teladan yang sedang berjalan akan menambah kapasitas penonton dan perbaikan infrastruktur dasar lainnya.


Diproyeksikan pembangunan stadion Teladan selesai pada Oktober 2024.


Stadion kebanggaan masyarakat Sumatera Utara yang terletak di Kota Medan, Stadion Teladan tengah menjalani renovasi mendasar.


Dijadwalkan rampung pada Oktober 2024, Stadion Teladan akan dilengkapi berbagai fasilitas berstandar FIFA. 


Pengerjaan perbaikan stadion Teladan oleh Pemko Medan bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) masih berlangsung. 


Stadion Teladan sendiri dibangun pada tahun 1952 dan menjadi markas bagi tim Ayam Kinantan PSMS Medan bakal selesai sebelum Oktober 2024.


Hal itu diketahui saat Wali Kota Medan Bobby Nasution menyaksikan Penandatanganan Kontrak Pekerjaan Rehabilitasi dan Renovasi Stadion Teladan Kota Medan antara Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sumut Ditjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) dengan PT Wijaya Karya Bangunan Gedung secara virtual melalui zoom meeting di CC Room Inteligent Transport System (ITS) Kota Medan Kamis (28/12/2023).


“Stadion Teladan termasuk stadion yang fasilitasnya jauh tertinggal dibandingkan stadion yang ada di banyak kota lain di Indonesia. Oleh karenanya Pemko Medan bersama Kementerian PUPR melakukan rehabilitasi dan renovasi Stadion Teladan,” kata Bobby Nasution.


Dikatakan Bobby Nasution, Stadion Teladan dibangun dalam rangka menyambut Pekan Olahraga Nasional (PON) III yang digelar di Kota Medan tahun 1953. 


"Rehabilitasi dan renovasi yang dilakukan, jelasnya, menggunakan dana APBN dan APBD. Untuk penggunaan APBD akan mulai dilelang awal tahun 2024 dan dilanjutkan dengan pembangunan fisiknya,” jelasnya.


Dengan dilakukannya rehabilitasi dan renovasi ini, kata Bobby Nasution, dapat memberikan sejarah baru bagi Kota Medan. 


“Kami upayakan agar pengerjaan ini dapat selesai sebelum bulan Oktober 2024 sehingga langsung diresmikan dan dimanfaatkan oleh masyarakat Kota Medan,” ungkapnya.


Jika rehabilitasi dan renovasi selesai dilakukan, bilang menantu Presiden Joko Widodo ini, Pemko Medan akan berkomitmen menjaga Stadion Teladan. 


Apalagi selain kualitas, mutu dan fasilitasnya yang dimiliki menjadi lebih baik. Stadion Teladan juga akan berstandar FIFA pasca rehabilitasi dan renovasi dilakukan.


“Rehabilitasi dan renovasi Stadion Teladan ini sebenarnya sudah dinanti-nanti seluruh masyarakat. Sebab, stadion ini merupakan kebanggaan warga Kota Medan,” paparnya. 


Sebelumnya, Direktur Prasarana Strategis Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR Essy Asiah berharap, Pemko Medan bersama Kementerian PUPR terus berkolaborasi agar revitalisasi dan renovasi Stadion Teladan yang dilakukan dapat berjalan lancar dan sesuai dengan yang diharapkan. 


“Saya ingatkan kualitas dan mutu harus tetap diperhatikan dan dijaga, rehabilitasi dan renovasi Stadion Teladan yang dilakukan harus sesuai standar FIFA,” ungkap Essy. (trib/bn)

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)