Polda Sumatra Utara Dan Polres Humbang Hasundutan Menurunkan Tim Trauma Healing Pasca Bencana

Polda Sumatra Utara Dan Polres Humbang Hasundutan Menurunkan Tim Trauma Healing Pasca Bencana

Hendri
By -
0

Polda Sumatra Utara Dan Polres Humbang Hasundutan Menurunkan Tim Trauma Healing Pasca Bencana

Bicaranews.com | HUMBAHAS - Tim relawan Trauma Healing Polda Sumut dan Polres Humbang Hasundutan terjun ke lokasi bencana di Desa Simaungalape, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan pada Sabtu (9/12/23). 

Tim relawan trauma healing Polda Sumut dan Polres Humbang Hasundutan melakukan trauma healing kepada anak-anak yang tertimpa bencana banjir. Tim relawan tersebut memberikan hiburan melalui serangkaian kegiatan menyenangkan, seperti permainan edukasi, bernyanyi, mendongeng, dan hal-hal yang bisa membuat anak melupakan bencana alam yang di alami pada anak anak yang ada di pengungsian bencana alam di Kantor camat Baktiraja Kabupaten Humbang Hasundutan.

Trauma healing merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting dilakukan di lokasi bencana, trauma healing adalah suatu proses pemberian bantuan berupa penyembuhan untuk mengatasi gangguan psikologis seperti kecemasan, panik, dan gangguan lainnya karena lemahnya ketahanan fungsi-fungsi mental yang dimiliki yang terdampak bencana alam.

Didalam penyampaian Kapolres Humbang Hasundutan AKBP Hary Ardianto, SH SIK MH ditempat yang terpisah mengatakan, Polda Sumut dan Polres Humbang Hasundutan menurunkan tim ahli trauma healing sebanyak 32 personil, Kita bersama tim trauma healing dari Polda Sumut, untuk memberikan hiburan kepada warga setempat, khususnya anak-anak agar trauma pasca bencana bisa terobati, dan mereka tidak takut lagi untuk beraktivitas Seperti biasa lagi"ujarnya.

“Kita ingin mengembalikan keceriaan anak-anak setelah dilanda banjir. Dengan demikian, harapannya, mereka melupakan banjir yang telah terjadi belum lama ini serta melakukan antisipasi pencegahan tarauma yang dirasakan bagi anak anak yang terdampak bencana alam” tambah Akbp Hary.

Trauma healing pada warga yang merasakan masa sulit akibat tertimpa bencana perlu untuk dilakukan, ini karena mereka cenderung akan dihantui rasa cemas yang berlebihan apabila bencana tersebut datang kembali. Trauma healing dapat menjadi langkah rehabilitasi yang tepat bagi para korban bencana untuk bisa menyembuhkan diri dari tragedi memilukan pasca bencana. Peran trauma healing adalah mampu mengalihkan pikiran buruk terhadap bencana agar warga tidak berlarut-larut dalam kesedihan.

Serta bisa mengambil hikmahnya, dalam prosedurnya, mereka akan diajak melakukan kegiatan yang menyenangkan sehingga bisa melupakan trauma terhadap bencana.

Tampak terlihat di dalam kegiatan trauma healing Polda Sumut dan Polres Humbang Hasundutan Ketua tim Agung Suprapto D.C S.psi., M.psi, Psikolog M.K.P, Kapolres Humbang Hasundutan AKBP Hary Ardianto, SH SIK MH, anggota Staf trauma healing Polda dan staf trauma healing Polres Humbang Hasundutan.

Kegiatan trauma healing sudah menjadi rutinitas yang harus dilakukan relawan tim trauma healing Polda Sumut dan Polres Humbang Hasundutan disaat terjun melakukan aksi kemanusiaan. Pungkasnya. (Humas Polres) 


Pewarta : Maruli

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)