Jumat Curhat Pelaku UMKM Di Pantai Parbaba Bersama Kapolres Samosir: Antisipasi Libur Natal Dan Tahun Baru

Jumat Curhat Pelaku UMKM Di Pantai Parbaba Bersama Kapolres Samosir: Antisipasi Libur Natal Dan Tahun Baru

Hendri
By -
0

Jumat Curhat Pelaku UMKM Di Pantai Parbaba Bersama Kapolres Samosir: Antisipasi Libur Natal Dan Tahun Baru

Bicaranews.com | SAMOSIR - Kapolres Samosir, AKBP Yogie Hardiman, S.H., S.I.K., M.H., melaksanakan kegiatan "Jumat Curhat" dalam rangka hari pertama operasi lilin Toba 2023. Kegiatan ini berlangsung di Dermaga Jetti Pantai Situngkir Desa Situngkir Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir. (22/12/2023). 

Dalam acara ini, Kapolres Samosir didampingi oleh Kabag Ops, Kasat Binmas, Kasat Intelkam dan Personil Polres Samosir, bertemu dengan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang beroperasi di objek wisata pantai Parbaba. 

Tujuan dari "Jumat Curhat" ini adalah untuk menampung aspirasi masyarakat, khususnya pengusaha UMKM, terutama dalam menyambut liburan Natal 2023 dan tahun baru 2024 dalam pelaksanaan operasi lilin Toba 2023.

Dalam suasana cerah di pinggir Danau Toba, sambil menikmati snack dan minuman yang disiapkan, Kapolres Samosir menyampaikan kepada pemilik usaha UMKM,"Tujuan utama kami melaksanakan kegiatan ini adalah agar kami mendapat informasi langsung dan tanggapan terkait pelaksanaan liburan ini, kesiapan pengusaha dalam menyambut wisatawan, dan gangguan kamtibmas yang diperkirakan akan timbul di masa libur Natal 2023 dan tahun baru 2024 khususnya di daerah objek wisata pantai Parbaba".

Salah satu pelaku UMKM yakni P. M Sipayung, menyampaikan curhatannya, "Terimakasih atas pelaksanaan kegiatan ini. Dari kami pelaku UMKM Parbaba, khususnya di daerah objek wisata pantai, seperti pengalaman kita di hari libur, kami merasakan hal yang sama terkait kurangnya wisatawan yang menjaga kebersihan lokasi objek wisata. Saat ramai, di jalan umum Parbaba khususnya daerah pasir putih parabab hingga lokasi Indomaret, terjadi macet karena parkiran kendaraan yang tidak tertata di lokasi pintu masuk dan keluar objek wisata pantai pasir putih Parbaba, rumah makan. Kami juga meminta terkait pengawasan kegiatan para wisatawan, terutama dalam penggunaan wahana wisata seperti speed boat dan banana boat."

Menanggapi curhatan tersebut, Kapolres Samosir memberikan tanggapan, "terimakasih atas masukan dari pak Sipayung. Masukan dan masukan ini lah yang kami butuhkan agar nantinya proses pengamanan dapat kami lakukan tepat sasaran dan wisatawan dapat berlibur di tempat kita dengan baik."

Kapolres Samosir menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan operasi lilin Toba 2023, Polres Samosir telah mendirikan pos pengamanan, pos pelayanan, dan pos terpadu. Khusus untuk objek wisata pantai Parbaba, pos pelayanan akan memberikan sosialisasi kepada wisatawan tentang menjaga kebersihan lokasi pantai, menjaga barang bawaan dan menjaga anak-anak. Selain itu, akan digunakan pengeras suara untuk memberikan himbauan terkait jam tutup pelayanan di lokasi objek wisata Parbaba dan saat penggunaan fasilitas dan wahana wisata di lokasi tersebut.

Kapolres Samosir juga menambahkan,"Kami akan bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Pemkab Samosir dalam mengelola parkir di lokasi objek wisata agar tidak terjadi parkir liar dan pengutipan liar retribusi parkir. Kami akan jamin kenyamanan dan keamanan wisatawan, pelaku UMKM dan kegiatan masyarakat selama pelaksanaan Ops Lilin Toba 2023 dalam mengamankan libur Natal 2023 dan tahun Baru 2024. Terkait kebersihan pantai, dikarenakan kita sebagai pelaku UMKM, pedagang di objek tersebut maka seharusnya juga kita menjaga kebersihan diareal kita sebagai bentuk kita cinta danau Toba, menjaga keindahan danau Toba dan demi kemajuan pariwisata di kabupaten Samosir, namun nantinya kita akan koordinasi dengan dinas terkait perihal kebersihan tersebut."

Diakhir acara, Kapolres Samosir juga memberikan pesan kepada para pelaku UMKM agar menyesuaikan harga dagangannya."Jangan sampai wisatawan tidak mau membeli karena merasa harga tidak sesuai dengan kualitas dagangan kita. Hal tersebut sangat mempengaruhi kunjungan mereka nantinya ke tempat kita."

Kegiatan Jumat Curhat pada Hari Pertama ops lilin Toba 2023 berjalan dengan baik meskipun suasana objek wisata pantai Parbaba belum ramai. Para pelaku UMKM bersama Kapolres Samosir pun berfoto bersama dengan latar belakang keindahan Danau Toba sebagai penutup acara. (Humas Polres/NS) 

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)