Bupati Humbahas Sarankan Ternak Sapi Perah Pada Poktan Dosroha

Bupati Humbahas Sarankan Ternak Sapi Perah Pada Poktan Dosroha

Hendri
By -
0

Bupati Humbahas Sarankan Ternak Sapi Perah Pada Poktan Dosroha

Bicaranews.com | HUMBAHAS - Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor SE meninjau peternakan sapi milik kelompok tani (Poktan) Dosroha Marade di Desa Sipituhuta Kecamatan Pollung dan menyarankan agar meningkatkan peternakan menjadi peternakan sapi perah, Rabu (13/12/2023)

Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor SE meminta kepada kelompok tani agar beralih dari peternakan sapi untuk konsumsi daging mejadi peternak sapi perah, karena lebih menguntungkan. 

Kondisi sekarang memang sudah cukup baik dan menghasilkan. Kalau kita lihat saat ini, pola yang diterapkan pada peternakan ini sudah berjalan baik dan lancar. Ketersediaan pakan ternak sudah mumpuni dengan lahan rumput yang luas. Kotoran ternak dengan pengolahan atau tidak sudah menjadi pupuk, demikian juga urinnya menjadi pupuk cair yang digunakan pertanian sekitar.

Poktan dosroha saat ini sudah panen kopi dan jeruk yang ditanam disekitar peternakan sapi bantuan pemerintah.

Berdasarkan hasil penelitian, ternak sapi sangat cocok dikembangkan di Humbang Hasundutan. Oleh karena itu, pengembangan sapi penghasil daging menjadi sapi penghasil susu (sapi perah) sangat tepat. Petani akan lebih diuntungkan karena akan memperoleh penghasilan setiap harinya dari susu sapi.

Saran pengembangan sapi penghasil daging menjadi sapi penghasil susu ini disampaikan saat meninjau peternakan sapi milik Poktan Dosroha bersama pengusaha ternak Sapi dari Brazil Direktur PT Asiabeef Biofarma Indonesia, James Jerry Huang,  Manager Lapangan Food Estate Van Basten didampingi Kadis Peternakan dan Perikanan Parman Lumban Gaol, ST dan lainnya. (Diskominfo/Maruli) 

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)