Bupati Humbahas Hadiri Penyerahan DIPA Dan Buku Alokasi TKD Sumut Tahun 2024

Bupati Humbahas Hadiri Penyerahan DIPA Dan Buku Alokasi TKD Sumut Tahun 2024

Hendri
By -
0

Bupati Humbahas Hadiri Penyerahan DIPA Dan Buku Alokasi TKD Sumut Tahun 2024

Bicaranews.com | HUMBAHAS - Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor, SE menghadiri acara penyerahan secara digital Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan buku Daftar Alokasi Transfer Ke Daerah (TKD) Tahun Anggaran 2024 secara digital di Hotel Santika Premiere Dyandra Medan, Rabu (13/12/2023). 

DIPA dan TKD tersebut diserahkan secara simbolis oleh Kepala Kanwil DJPb Sumatera Utara Syaiful kepada Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara, Hassanudin. Selanjutnya menyerahkan daftar isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Alokasi transfer ke Daerah (TKD) tahun Anggaran (TA) 2024. 

Penjabat Gubernur Sumut Hassanudin meminta setiap pihak yang menerima agar segera mengeksekusi program-program yang sudah direnanakan pada awal tahun 2024.

Dikatakan Hassanudin, sesuai arahan Presiden Joko Widodo, kebijakan fiskal tahun 2024 dirancang untuk memperkokoh pondasi perekonomian dalam menghadapi tantangan saat ini maupun di masa yang akan datang. Serta diarahkan untuk mendukung peningkatan produktivitas untuk transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

Hassanudin juga menjabarkan, pada tahun 2024 ada lima fokus alokasi APBN. Pertama,  perbaikan kualitas sumber daya manusia (SDM) dengan menghapus kemiskinan ekstrem, menurunkan stunting, peningkatan akses dan kualitas layanan kesehatan dan pendidikan.

Kedua, percepatan transformasi ekonomi hijau melalui hilirisasi sumber daya alam (SDA), revitalisasi industri, penguatan ekonomi hijau, serta reformasi struktural. 

Ketiga, pemberian subsidi dan bantuan sosial yang tepat sasaran dengan peningkatan akurasi data, perbaikan mekanisme penyaluran, dan sinergi program. 

Keempat, penguatan sinergi anggaran pusat dan daerah dengan menyusun kerangka ekonomi makro dan pokok-pokok kebijakan fiskal berdimensi regional dan sinkronisasi belanja pusat dan daerah.

Kelima, peningkatan efisiensi dan efektivitas belanja negara untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, penciptaan lapangan kerja, pengentasan kemiskinan, dan pemerataan pembangunan baik antar golongan maupun antar wilayah.

Selain itu, pada tahun 2024, Sumut juga akan menyelenggarakan dua event besar yakni pemilu serentak dan pekan olahraga nasional Aceh-Sumut. Dalam rangka menyukseskan dua agenda besar dimaksud Pemprov Sumut  meluncurkan strategi kolaborasi antar wilayah dan antar lembaga (KAWAL). (Diskominfo/Maruli/NS) 

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)