Ketua GMNI Sumut Ajak Pemuda Mampu Menjawab Tantangan Zaman

Ketua GMNI Sumut Ajak Pemuda Mampu Menjawab Tantangan Zaman

Hendri
By -
0

Ketua GMNI

Bicaranews.com | MEDAN - DPD GMNI Sumut bersama Korwil GMKi Sumut melaksanakan Dialog Publik tentang Refleksi Sumpah Pemuda yang dilaksanakan di Kantor Gubernur Sumut, Kamis (2/11/2023).

Hadir juga sebagai Pembicara dalam acara tersebut Kapolda Sumut yang diwakilkan oleh Brigjen Pol Jawari Wakapolda Sumut, Gubernur Sumut yang diwakili Bapak Naslindo selaku Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumut dan dr. David Luther Lubis selaku Tokoh Pemuda Sumut.

Pada kegiatan itu, Ketua DPD GMNI Sumut Daniel Sigalingging memyampaikan bahwa sejarah perjalanan bangsa ini tidak bisa dipisahkan dari peran besar pemuda.

 "Dimulai dari awal pergerakan nasional 1908, sumpah pemuda 1928, Peristiwa proklamasi 1945, hingga tahun 1998 adalah bukti bahwa pemuda selalu memiliki tinta emas dalam perjalanan peradaban di Republik ini," ucap Daniel.

Dalam acara yang dihadiri lebih dari 300 orang tersebut Daniel juga berharap agar banyaknya persoalan di tengah-tengah bangsa hari ini harus bisa membuat pemuda mengambil inisiatif dan tidak perlu menunggu bantuan siapapun untuk memulai berbuat bagi masyarakat. 

"Ini tidak ada kaitannya dengan Pemilu 2024, tapi memang 2024 sudah di depan mata maka wajar apabila ada yang mengkait-kaitkan. Padahal ini memang momentum sumpah pemuda yang kita inisiatifkan bersama, pemuda harus berefleksi untuk menatap masa depan bangsa," tambahnya.

Dalam pemaparannya para pembicara memaparkan kondisi terkini SDM masyarakat Indonesia dan berbagai tantangan yang harus dihadapi kedepan. 

"Kalau berbicara bagaimana gagasan kontruksi kebangsaan maka sesungguhnya pemuda harus mampu peka terhadap kondisi masyarakat, terutama narkoba. Jangan sampai pemuda yang harusnya menjadi tiang bangsa justru menjadi pengguna narkoba yang justru paling merusak generasi muda." Ujar Brigjen Jawari dalam pemaparannya.

David Luther juga dalam kesempatan tersebut menyebut pemuda harus memiliki terobosan yang mampu menarik simpati masyarakat, serta harus meninggalkan cara-cara lama yang saat ini membawa stigma negatif terhadap organisasi kepemudaan. 

Naslindo Sirait juga menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Sumut melalui Dinas Koperasi siap berkolaborasi bersama GMNI dan GMKI melalui program-program pemerintah yang ada. "Ayo kita susun bersama programnya, kita siap melakukan pendampingan terkait usaha-usaha pemuda yang berdampak pada perekonomian," ujarnya.

Acara tersebut diakhiri dengan pemberian cenderamata dan foto bersama dengan seluruh peserta acara. (rel/RB)

Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)