Kapolres Langkat Hadiri Rapat Koordinasi Bersama Forkopimda Dengan 3 Pilar

Kapolres Langkat Hadiri Rapat Koordinasi Bersama Forkopimda Dengan 3 Pilar

Hendri
By -
0

Kapolres Langkat Hadiri Rapat Dengan 3 Pilar
Usai Rapat Koordinasi Kapolres, Plt. Bupati, Dandim 0203/Lkt Dan Ketua DPRD Langkat Foto Bersama
Bicaranews.com | LANGKAT - Kapolres langkat AKBP Faisal Rahmat Husein Satupang, SIK SH MH menghadiri rapat koordinasi Forkopimda dan Forkopimcam dan 3 pilar Se-Kabupaten Langkat, bertempat di Aula Jentera Malay Rumah Dinas Bupati Langkat.

Kegiatan tersebut mengambil Tema "Optimalisasi Koordinasi Sinergitas Forkopimda dan 3 pilar dalam pencegahan dan penyelesaian konflik sosial, Kamis (23/11/ 2023).

Plt Bupati Langkat H. Syah Afandin, SH menyebutkan, bahwa Forkopimda dan Forkopimcam dibentuk berdasarkan peraturan pemerintah nomor 12 tahun 2002, tentang forum koordinasi pimpinan di daerah, yang selanjutnya dituangkan di dalam peraturan Bupati Langkat nomor 10 Tahun 2003 tentang forum koordinasi pimpinan daerah dan forum koordinasi pimpinan kecamatan.

Maksut dan tujuan dibentuknya forum tersebut sebagai media komunikasi dan koordinasi, dalam rangka menjalin hubungan menjadi hubungan kerja antar instansi pemerintah, guna bertukar pikiran untuk mendapat kesimpulan.

"Mengajak saudara - saudara sekalian untuk tetap berkomunikasi secara insten terhadap semua kejadian dan peristiwa yang terjadi di Kabupaten Langkat," ucap Bupati Langkat.

Hal ini sangat penting untuk menjaga kestabilan stabilitas dan kondisivitas wilayah Kabupaten Langkat, sehingga dengan terwujudnya Keamanan, dan ketertiban di seluruh wilayah dan dapat membuat masyarakat tenang dan terlindung dalam menjalankan semua usahanya di berbagai sektor. 

Dandim 0203/Lkt Letkol Inf M. Eko Prasetyo menambahkan," hari ini ada tiga pilar yang hadir yang dimulai dari Desa. Di desa ada Babinsa dan ada juga Babinkamtibmas kemudian naik lagi keatas ada Camat dan Kapolsek sampai di tingkat ke Kabupaten.

Misalnya ada laporan mungkin bisa dilihat, yang utama adalah temu cepat, lapor cepat dan tadi ada beberapa masalah yang sudah bisa diatasi dari tingkat bawah.

Sekaitan dengan pemilu TNI  juga akan membangun posko netralitas TNI. Saya berharap Kepala Desa mampu menjaga netralitasnya dan peka terhadap situasi yang akan terjadi." ujar Dandim 0203 Langkat.

Kapolres Langkat AKBP Faisal Rahmat Husein Simatupang, SIK SH MH, mengucapkan terima kasih kepada rekan - rekan yang hadir saat ini. Dan sangat mengapresiasi yang lebih kepada Kepala Desa, Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas. 

Dimana mereka telah memberikan dampak positif yang membuat situasi menjadi aman dan kondusif, dalam pencegahan dan penyelesaian konflik sosial yang akan terjadi di Langkat 

Sampai saat ini konflik sosial dapat dilakukan pemetaan di wilayah konflik pelaku konflik, dan akar permasalahan yang terjadi. Untuk permasalahan wilayah yang memiliki wilayah adalah Desa juga Kelurahan yang memiliki masyarakat. Karena memang sejatinya pemilik wilayah desa adalah Kepala Desa, Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas," tegas Kapolres Langkat.

Maka bila terjadi konflik dapat dimediasi oleh Kepala Desa atau perangkatnya, bila tidak dapat maka harus didampingi Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas. Sejatinya menyelesaikan akar permasalahan 3 pilar yang mampu menyelesaikan permasalahan.

Oleh karenanya, anda yang langsung bersentuhan dengan masyarakat adapun fakta- fakta di lapangan anda yang lebih sering dapat menyelesaikan setiap masalah, mulai dari akar permasalahannya," ucap AKBP Faisal.

Deteksi rekan - rekan lebih kuat dengan cara lebih sering berbaur dan berinteraksi kepada masyarakat, maka dapat mengetahui akar permasalahan yang terjadi ditengah masyarakat.

Kapolres Langkat berpesan agar Camat memberikan dukungan dan kepercayaan terhadap Kepala Desa, Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas. 

Oleh sebab itu, saya sangat percaya dengan mereka jika bekerja dengan baik maka hasil yang didapat akan yang baik pula, sehingga terciptanya situasi yang aman dan kondusif.

Sementara Kapolsek agar menerapkan satu Desa satu Bhabinsa ditambah Bhabinkamtibmas, jika 3 pilar ini bekerja maksimal maka situasi Kamtibmas di Langkat pasti akan aman," lanjutnya.

Perlu diketahui bahwa sumber dari informasi yang falit hanya dari tiga pilar, karena anda berintaksi secara langsung dengan masyarakat," tegas Kapolres Langkat.

Ketua DPRD Langkat Sri Bana Perangin Angin, SE menegaskan," sangat berterima kasih kepada seluruh Forkopimcam dan Desa, karena sudah benar - benar menjaga kestabilan Desa.

Kedepannya, mari kita tingkatkan kestabilan Desa dan Kelurahan masing - masing. Sebagai 3 pilar kita harus bersama - sama untuk membantu masyarakat dan selalu kordinasikan keamanan dan kekondusifan," pungkasnya. (Bn)


Pewarta : H. Simare - mare

Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)