Banjir Rendam 4 Desa di Bakkara, Warga Mengungsi Ketenda Darurat

Banjir Rendam 4 Desa di Bakkara, Warga Mengungsi Ketenda Darurat

Redaksi
By -
0

Bakkara Banjir

Bicaranews.com|HUMBAHAS - Empat desa di kawasan Bakkara yakni Desa Marbun Tonga Dolok (Martodo), Desa Marbun Toruan, Desa Siunong-unongjulu (Sinju), dan Desa Simamora, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara direndam banjir.

Di beberapa titik tinggi air mencapai pinggang orang dewasa sehingga merendam sejumlah rumah warga. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun warga yang berdomisili di Desa Marbun Tonga Dolok (Martodo) harus mengungsi ke tenda darurat.

Dari informasi, penyebab banjir ke pemukiman warga karena meluapnya sungai Aek Silang di Baktiraja. Sampai saat ini, debit air belum menurun sehingga warga harus bertahan di tenda darurat.

“Debit air dari hulu sungai melebihi kapasitas aliran sungai Aek Silang yang menyebabkan bronjong sungai jebol dan meluap ke pemukiman warga. Tidak hanya pemukiman, puluhan hektar lahan pertanian di empat desa juga terandam banjir,” kata Camat Baktiraja, Sanggam Lumban Gaol kepada Waspada melalui selulernya, Selasa (14/11/2023).

Dia menjelaskan, banjir di kawasan Bakkara itu berdampak di empat desa yakni, Desa Martodo, Desa Marbun Toruan, Desa Simamora, dan Desa Sinju. “Dampak terparah terjadi di Desa Martodo. Atas banjir tersebut, warga Desa Martodo harus diungsikan ke tenda darurat menunggu turunnya debit air,” terangnya.

Dalam penanganan banjir, sambung Sanggam, pihaknya belum melakukan pendataan jumlah warga dan luasan lahan pertanian yang terdampak banjir. Namun pihaknya sudah koordinasi dan melaporkan bencana alam ini ke pemerintah kabupaten.

“Untuk penanganan banjir, kita sudah laporkan kepada bupati dan instansi terkait. Tadi Wakil Bupati, Oloan Nababan sudah turun ke lokasi permukiman warga yang terdampak banjir,” tukasnya.

Lebih lanjut, kata Sanggam, untuk penanganan dampak banjir kepada warga, pihaknya sudah menyediakan dapur umum di lokasi pengungsian dan lokasi kantor camat. Tim medis dari Puskesmas Baktiraja juga siaga melayani pengobatan kepada warga terdampak banjir.

“Penanganan sosial kepada sudah kita lakukan. Saat ini, kita bersama tim dari Pemkab Humbahas berupaya menurunkan alat berat untuk membuka luapan air,” pungkasnya. (Bn)

Sumber: Wol

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)